SHARE

Jakarta – Bajaj Qute saat ini dapat diketemukan di lokasi-lokasi di Jakarta. Kendaraan mungil roda empat asal India ini ditargetkan bisa menukar sosok kendaraan roda tiga legendaris, yakni bemo.

Menurut Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI, Petrus Tukimin, Bajaj Qute adalah hasil pencarian beberapa aktor usaha angkutan umum sepanjang lima tahun paling akhir.

“Harganya sekitaran Rp 70 juta-an, dapat beli perseorangan serta koperasi dapat mewadahi saja, ” ungkap Petrus, Senin (25/7/2017).

Kata Petrus, untuk beli Bajaj roda empat ini dapat dikerjakan lewat cara dicicil, dengan uang muka atau down payment (DP) sekitaran Rp 10 juta.

Sedang angsuran perbulannya sekitaran Rp 2, 4 juta dengan tenor sepanjang tiga tahun.

“Barangnya telah ready, mungkin saja (stock pabrik) saat ini telah ada pada 100-200 unit, ” tutur Petrus.

Yang dirasakan Entrepreneur Angkutan Umum

Meski cukup murah, nyatanya harga itu tetaplah dikeluhkan beberapa aktor entrepreneur. Ya, hal semacam ini karna mereka mesti beli angkutan umum dengan credit dengan bunga yang cukup tinggi.

“Seharusnya gunakan pertolongan bunga dari pemerintah. Dari dahulu pemerintah tidak nolongin angkutan umum, yang ada ditibanin on-line, ” keluh Petrus.

Kata dia, dengan mencicil lewat leasing seperti pembelian mobil serta motor biasanya, jadi hal itu buat aktor usaha angkutan umum terasa terbebani dengan bunga yang cukup tinggi.

Sebatas info, sekarang ini jumlah bemo di Jakarta kurang dari 300 unit. Bemo dipandang sudah usang serta termasuk tak akan ramah lingkungan.