SHARE

Aceh Barat – Sejumlah 69 hektare rimba serta tempat gambut di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terbakar. Pemadaman kebakaran rimba serta tempat (karhutla) selalu diusahakan dengan mengerahkan dua helikopter punya Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

” Hari ini helikopter telah beroperasi untuk memadamkan api, ” ucap Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Yusmadi, waktu dihubungi Liputan6. com, Rabu, 26 Juli 2017.

Api yang membakar tempat gambut serta perkebunan di Aceh Barat, menebar di enam kecamatan. Salah satunya, Woyla, Meureubo, Sama Tiga, Johan Pahlawan, serta Arongan Lambalek.

Titik api terparah di Kecamatan Johan Pahlawan. Karena kebakaran rimba serta tempat ini, jarak pandang di lokasi itu pernah terganggu.

” (Saat ini) jarak pandang telah aman, karna titik api menebar kecil-kecil ada yang (di tempat) dua hektare, ada yang tiga hektare, berpencar, ” ia mengungkap.

Sistem pemadaman kebakaran rimba serta tempat disana diusahakan dengan beragam langkah, termasuk juga mengerahkan mobil water cannon punya polisi. Karena kebakaran rimba serta tempat ini, sebagian warga di Aceh Barat sangat terpaksa dibawa ke rumah sakit karna alami masalah pernafasan dikarenakan kabut asap.

” Saat ini helikopter untuk pemadaman api standby di Nagan Raya, serta hari ini (Rabu, 26 Juli 2017) telah mulai beroperasi, ” Yusmadi menerangkan.