SHARE

Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Husnison Nizar menyebutkan, pengaturan lokasi Sunda Kelapa terutama Pasar Ikan ikuti rencana yang sudah dibicarakan serta disetujui ketika Basuki ” Ahok ” Tjahaja Purnama masih tetap menjabat Gubernur DKI Jakarta

Mengenai rencana itu, lokasi Sunda Kelapa juga akan direvitalisasi seperti masa 1900-an. Soni, panggilan Husnison mencontohkan, bangunan bersejarah eksagon juga akan direkonstruksi tanpa ada menyingkirkan bentuk aslinya.

Begitu halnya tempat lelang bersejarah yang juga akan kembali dibuat dengan rencana yang berlainan. Tetapi, akan tidak meninggalkan keunikan bangunan yang lama.

” Dalam deskripsinya sesuai sama arahan serta hasrat Pak Ahok awal mulanya kan revitalisasi, kembalikan lingkungannya seperti 1900-an. Lantas ada peninggalan cagar budaya seperti eksagon juga akan dilestarikan, ” tutur Soni waktu dihubungi Kompas. com, Selasa (25/7/2017).

Diluar itu, BUMD punya Pemprov DKI Jakarta, PD Pasar Jaya juga akan bertanggungjawab untuk buka kembali pasar di lokasi Pasar Ikan.

Dinas beda yang ikut serta dalam revitalisasi lokasi itu seperti Dinas Kelautan, Pertanian, serta Ketahanan Pangan, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan, Bina Marga, sampai Dinas UMKM DKI Jakarta.

Sekarang ini Pemprov DKI tengah membuat ketentuan berupa ketentuan gubernur yang juga akan jadi basic hukum pengaturan lokasi Sunda Kelapa.

Pergub itu ditargetkan usai sebelumnya selesainya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pada Oktober 2017.