SHARE

Jakarta – Penyelundupan baju sisa import (ballpress) dikerjakan dengan beragam langkah, satu diantaranya lewat jalur laut. Walau sekian, Bea Cukai Teluk Nibung menggagalkan penyelundupan ballpress di perairan Bagan Batak, Sumatera Utara.

Dalam info tertulis dari Bea Cukai, Senin (17/7/2017), tindakan Bea Cukai Teluk Nibung untuk menggagalkan pembongkaran barang dari kapal ke perahu-perahu kecil yang disangka ballpress di Perairan Bagan Batak, Kamis (13/7/2017).

Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung, M Syahirul Alim mengungkap, penindakan ini bermula dari info yang diperoleh oleh tim intelijen.

” Ada info juga akan ada aktivitas pemasukan barang ilegal berbentuk pemasukan baju sisa ke Sungai Asahan. Setelah itu kami segera menerbitkan surat perintah patroli serta berlayar dengan memakai kapal patroli type speedboat serta menindak waktu itu juga, ” tutur Syahirul.

Lalu, lanjut Syahirul, unit petugas patroli laut (Satgas Patla) menyisir perairan Sungai Asahan, Tanjung Jumpul, serta sungai-sungai kecil yang lain. Kontrol juga dikerjakan pada kapal-kapal yang dicurigai masuk perairan Sungai Asahan.

Sampai Satgas Patla memperluas lokasi patroli nyaris menuju Pulau Salah Nama serta memonitor dengan visual memakai teropong night vision serta pemantau pada radar kapal patroli.

” Ketika petugas memberi aba-aba peringatan penghentian aktivitas, beberapa penyelundup melompat ke laut serta menghanyutkan diri ke arah lumpur daratan untuk menghindari diri dari sergapan petugas, ” tuturnya.

Jadi tindak lanjut masalah, petugas mengamankan tanda bukti berbentuk satu kapal motor KM Telaga Baru GT. 32 NO. 930/Ppe serta muatan ballpress. Beberapa barang bukti itu dibawa ke pangkalan kantor lokasi Bea Cukai Sumatera Utara di Belawan untuk kontrol selanjutnya.