SHARE

Warga Jalan Putri Jaleha Gang Kalimas, Baharu Selatan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, digegerkan penemuan buaya. Buaya itu diketemukan anak-anak di sungai tempat bermain mereka.

” Sore Minggu (9/7) sekitaran jam 1/2 lima, ada anak-anak datang melapor lihat buaya di sungai, ” kata Ketua RT 13, Desa Baharu Selatan, Adi Ansyari, Rabu (12/7/2017).

Mendengar laporan itu, sebagian orang dewasa bergegas mendatangi tempat. Seekor anak buaya selama satu 1/2 mtr. tampak tengah berjemur dibagian sungai yang dangkal.

” Buaya itu pada akhirnya kita tangkap serta dengan tokoh orang-orang disini disetujui untuk diamankan, ” paparnya.

Berita penemuan buaya mengedar secara cepat. Beberapa orang juga ramai berdatangan untuk lihat sekalian berfoto dengan hewan reptil ini. Terutama ini adalah momen langka, karna baru pertama kalinya penemuan buaya berlangsung di lokasi ini.

” Mengingat sungai masih tetap digunakan untuk anak-anak bermain serta ibu-ibu membersihkan, sesudah ada peristiwa ini warga agak kuatir. Kami berharap supaya pihak berkaitan secepat-cepatnya survey lihat kondisi sungai, ” pinta Adi.

Setelah itu, warga setuju untuk menyerahkan hewan reptil itu ke lembaga pemerintah yang berkaitan. Tidak lama,
warga juga menghubungi hotline Dinas Pemadam Kebakaran serta Penyelamatan (DPKP) Kotabaru.

Oleh petugas DPKP, anak buaya itu diserahkan ke kantor perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kotabaru. Sangkaan sesaat, buaya ini adalah type buaya muara yang termasuk juga kelompok satwa dilindungi.

Spekulasi yang berkembang, buaya ini adalah hewan peliharaan yang lepas dari kandangnya, karena keadaannya tertangani serta tampak jinak.