SHARE

JAKARTA — Direktorat Jenderal Minyak serta Gas Bumi (Ditjen Migas) tengah mempersiapkan Ketentuan Presiden (Perpres) yang mengatur berkaitan pembangunan jaringan gas (jargas).

” Ya ini supaya program pemerintah pusat juga di dukung oleh pemerintah daerah jadi ada sinkronisasi yang dapat diraih, ” kata Direktur Rencana serta Pembangunan Infrastruktur Minyak serta Gas Bumi Alimuddin Baso di Jakarta, Rabu (26/7).

Efek yang keluar kelak bila ada Perpres yaitu semua pemangku kebutuhan baik pemerintah pusat serta daerah mesti ikut mensupport. ” Jadi tak ada sekali lagi istilahnya mesti izin dihambat, umpamanya dapat satu hari tanpa ada menanti satu minggu, ya selekasnya dikerjakan. kita sebarkan ke beberapa daerah, ” tuturnya.

Menurut dia pemerintah masih tetap lakukan komunikasi baik antar pemerintah pusat serta pemerintah daerah dan antar kebutuhan serta keperluan antar instansi pemerintah. ” Sampai kini kan toll fee itu miliki regulasi semuanya, saat kami ingin ganti jadi tarif 0, mesti ada pemicunya, ini spesial sisi dari ikhtiar, bila kami langkah konvensional, akan tidak usai problem begini, ” tuturnya.

Terlebih dulu, Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja menyebutkan daerah yang mempunyai potensi gas juga akan dibuat infrastruktur jargas. ” Persyaratan daerah yang juga akan dibuat jaringan gas yaitu yang pertama adalah penghasil gas, kelak juga akan segera dibuat, ” kata Wiratmaja Puja.

Ia juga menyebutkan pihak yang juga akan membuat jaringan itu yaitu Perusahaan Gas Negara (PGN) serta Pertamina. Menteri ESDM Ignasius Jonan menjanjikan penambahan sambungan jaringan gas untuk rumah tangga lewat dana APBN pada 2017.

” Dana jaringan gas juga akan di ambil dari alokasi pembangunan tangki timbun sekitaran Rp 190 miliar, ” kata Menteri ESDM Jonan.

Menurut Jonan, dengan anggapan cost penyambungan sekitaran Rp 10 juta per satu rumah tangga, jadi dana Rp 190 miliar, didapat penambahan 19 ribu sambungan untuk beberapa lokasi di Indonesia. ” Penambahan juga akan diutamakan pada keperluan serta ketersediaan jaringannya, ” tuturnya.