SHARE

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta terima penghargaan Lomba Kota Layak Anak (KLA) se-Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebutkan, penghargaan ini di terima Jakarta karna ada Ruangan Umum Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

” Nyatanya yang jadi ide itu yaitu pembangunan RPTRA yang tempatnya diletakkan di bebrapa lokasi spesifik ya, lokasi padat masyarakat, ” kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (24/7/2017).

Djarot menyebutkan RPTRA sejatinya bisa dicontoh kota beda yang padat masyarakat seperti Jakarta.

” Di lokasi padat masyarakat RPTRA ini kan dapat diperkembang di banyak daerah, terlebih perkotaan kan dapat, semuanya kota kan kita miliki RPTRA, ” kata dia.

Menurutnya, penghargaan ini didapat atas aspek banyak taman kota di Jakarta. ” Taman-taman kota yang cukup banyak serta begitu bagus di Jakarta. Itu yang mungkin saja memperoleh perhatian dari pemerintah pusat, ” Djarot menandaskan.

Data Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak serta Pengendalian Masyarakat (DPPAPP) DKI Jakarta mencatat, jumlah RPTRA yang sudah dibuat mulai sejak 2015 sampai 2016 sejumlah 186.

Rinciannya, 123 RPTRA yang dibuat memakai APBD DKI Jakarta serta 63 RPTRA yang dibuat dari dana non-APBD atau CSR perusahaan swasta. Jumlah ini belum juga termasuk juga RPTRA Kalijodo yang saat ini telah beroperasi.