SHARE

NEW DELHI – Hasil penentuan presiden, Kamis (20/7/2017), resmi jadikan seseorang politisi dari kasta rendah, Ram Nath Kovind jadi presiden baru pilihan India.

Ram Nath dari Partai Bharatiya Janata (BPJ) peroleh 2. 930 support nada, menaklukkan politisi dari Partai Kongres, Kumar Meira, yang peroleh 1. 844 support nada.

Kemenangan Ram Nath lalu jadi sorotan, karena dianya datang dari grup kasta Dalit (Paria), kasta paling rendah dalam system stratifikasi sosial India.

Atas kemenangannya, Ram Nath pernah mengakui dianya ” terharu ” atas perolehannya.
” Saya tidak sempat berfikir untuk jadi seseorang presiden, ” kata Ram Nath dalam pidato kemenangannya jadi Presiden India ke-14.

” Terpilihnya saya jadi presiden yaitu bukti begitu luar umumnya demokrasi India, ” lanjut Ram Nath.

Ram Nath maju ke penentuan presiden India atas support BPJ, partai yang di pimpin oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Kemenangannya jadi satu dari beberapa perolehan besar Narendra di pemerintahan India, yang punya niat jadikan umat Hindu jadi pemegang jabatan-jabatan perlu pemerintahan.

Dalit adalah kasta yang karena sangat rendahnya hingga membuat beberapa orang yang termasuk dalam kasta itu diharamkan untuk disentuh.

Dari 1, 3 miliar populasi India, sekitaran 200 juta salah satunya adalah warga berkasta Dalit. (Independent/Hindustan Times)

Baca Juga  Prajurit India Tembak Seorang Mayor Dengan Senapan Saat Serbu Ditegur Main Ponsel