SHARE

Duel El Clasico pada Persib Bandung serta Persija Jakarta untuk beberapa kalinya tidak di hadiri supporter tim yang berkunjung. Kesempatan ini, The Jakmania yang dilarang datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7/2017).

Melarang Jakmania menghadiri duel Persib melawan Persija sejatinya yaitu ketentuan yang lumrah. Maklum, Jakmania serta Bobotoh yaitu dua grup supporter yang mempunyai jalinan tidak serasi mulai sejak lama.

Manfaat hindari peristiwa yang tidak dikehendaki, polisi juga keluarkan ketentuan larangan untuk Jakmania. Untuk Persija, sudah pasti itu satu kerugian besar. Namun, bek tengah Persija Maman Abdurrahman menyadari ketentuan itu.

” Saya tidaklah terlalu tahu hal tersebut (masalah mencari jalan keluar). Bila oke datang saja ke Bandung atau datang saja ke Jakarta, namun kelak berlangsung suatu hal yg tidak dikehendaki, mungkin saja itu yang dijaga yang sampai kini supaya tidak berlangsung, ” kata Maman.

Untuk Maman, hadapi Persib dengan seragam Persija yaitu satu pekerjaan susah. Maklum, Persib yaitu tim yang pernah diperkuat bek berumur 35 th. itu pada 2008-2013. Pasti telah banyak peristiwa indah yang dilalui Maman dengan Persib.

Kondisi itu membuat Maman sadar masalah desakan yang juga akan diberi Bobotoh di GBLA kelak. Namun, ia tetaplah berasumsi kalau masih tetap ada Bobotoh yang mencintainya, walau sekarang ini ia telah mengenakan seragam Persija.

” Tentu senantiasa ada pro serta kontra. Terdapat banyak Bobotoh yang masih tetap tertarik saya saya, masih tetap baik, serta ada pula yang ganggu. Saya fikir itu satu diantara langkah mereka menyukai saya, ” tegas Maman.