SHARE

Jakarta – Presiden Joko Widodo buka Kongres IX Pancasila di Kampus Gadjah Mada (UGM). Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dalam sambutannya Jokowi bercerita kebanggaannya pada Pancasila. Dia sering bercerita Pancasila tiap-tiap ke luar negeri.

” Tiap-tiap saya berjumpa dengan kepala negara atau raja negara beda, senantiasa saya berikan kalau Republik Indonesia terbagi dalam 17 ribu pulau serta 714 suku yang lain serta bermacam, 1. 100 lebih bhs lokal, ” tutur Jokowi di halaman Balairung UGM, Sleman, Sabtu (22/7/2017).

Di tiap-tiap peluang itu, dia senantiasa di tanyai masalah bagaimana negara Indonesia bisa mengatur negara sebesar itu.

” Mereka ajukan pertanyaan bila ke pulau atau ke propinsi apakah hafal bhs daerah. ‘Ya nggak’. Saya katakan, saya tidak ngerti. Saya berikan gunakan Bhs Indonesia, ” paparnya.

Kongres ini di hadiri oleh beberapa ribu siswa dari mulai SD sampai SMA dan mahasiswa. Ada beberapa ratus peserta kongres yang datang dari beragam daerah.

Dalam peluang ini juga Jokowi minta beberapa rektor, guru besar serta dosen supaya mengerti semua perubahan global. Jokowi terasa percaya kalau 5-10 th. generasi sekarang ini tak akan membaca koran serta melihat TV namun berubah ke gadget serta internet.

” Hati-hati, saya menginginkan semuanya rektor, guru besar, dosen mengerti ini. Jangan pernah (semua perubahan) menggerus ciri-khas bangsa, ” katanya.

” Oleh karenanya, bekali anak dengan Pancasila yaitu begitu perlu untuk ciri-khas bangsa Indonesia, ” kata Jokowi.

Baca Juga  Di Depan Taruna Akmil Dan Akpol, Jokowi Bercerita Tentang Amazon Dan Alexa