SHARE

Calo ticket kompetisi bola pada Persija melawan RCD Spanyol diamankan petugas pada Rabu (19/7/2017) di Stadion Candrabhaga Kota Bekasi.

“Malam barusan sekitaran jam 19. 00 WIB ada enam orang calo yang diamankan karna jual ticket yang awalnya hilang, ” tutur Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Bachtiar pada Kompas. com di Bekasi, Kamis (20/7/2017).

Menurutnya, satu diantara calo yang di tangkap, yaitu AH (33), adalah bekas anggota polisi Lido.

AH bersama ke-5 calo yang lain diamankan ke Polres Metro Kota Bekasi dengan tanda bukti berbentuk tiga hp, uang Rp 2, 5 juta, serta 15 lembar ticket.

Hero mengemukakan, awalnya Rendi (28) sebagai vendor ticket PT GLOBAL Loket Sejahtera memberikan laporan penjualan ticket ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bekasi pada Selasa (18/7/2017).

Waktu pihak vendor lakukan penghitungan ticket, nyatanya ada 550 ticket hilang. “Setelah tahu ticket hilang, yang berkaitan cetak ulang ticket, serta antisipasinya membuat barcode yang berlainan, ” kata Hero.

Tetapi, lanjut Hero, pada Rabu sekitaran jam 16. 30 WIB panitia lakukan penelusuran dengan scan ticket.

Waktu itu, panitia merasakan ada ticket dengan barcode berlainan. Ada 8 orang yang beli ticket dengan barcode berlainan itu.

Ticket yang hilang atau mungkin dengan nomor barcode yang berlainan itu nyatanya di jual oleh beberapa calo dengan harga yang variasi, dari mulai Rp 90. 000 sampai Rp 160. 000.

Pada akhirnya, petugas lakukan kontrol serta mengamankan calo yang telah jual ticket yang terlebih dulu disebutkan hilang.