SHARE

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menyebutkan, lembaganya saat ini berlainan dengan yang dulu. Sekarang ini, MK lebih ” sensual “.

” Saya istilahkan MK itu saat ini jadi instansi yang begitu apa ya, begitu menarik, sensual demikian, ” tutur Arief dalam acara halal bihalal di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2017).

Arti sekian tidak terlalu berlebih. Sebab, suatu hal yang sensual sama dengan perhatian orang banyak.

Demikian juga MK. Arief menyebutkan, terakhir hingga keluar satu opini, ” apa-apa saat ini ujung-ujungnya ke MK “. Jadi tidaklah heran perhatian orang-orang ke MK jadi makin tinggi.

” Umpamanya baru tempo hari pemerintah keluarkan perppu, (lantas digugat) kesini. Kelak sebentar sekali lagi ada voting UU Pemilu, juga sepertinya kesini. Jadi MK itu saat ini instansi yang begitu seksi, semuanya perhatian ke MK, ” tutur dia.

Tingginya perhatian orang-orang ke MK, menurut Arief, menuntut MK untuk tampak sempurna juga.

Arief menyebutkan, pihaknya terus-terusan mengatur internal. Sebagian pembenahan internal yang dikerjakan, diantaranya restrukturisasi instansi, percepatan pengeluaran ketentuan, system antikorupsi dan transparansi.

Akhirnya cukup penting. Dalam soal percepatan pengegluaran ketentuan umpamanya, dari rata-rata 10 bln. dalam tiap-tiap pengambilan ketentuan MK terlebih dulu, saat ini satu putusan MK di keluarkan rata-rata cuma 5, 2 bln..

” Insya Allah kami sesungguhnya telah mengambil langkah ke perbaikan- perbaikan, ” tutur Arief.