SHARE

Formula 1 (F1) merencanakan mengenalkan penggunaan halo (pelindung kokpit) pada tiap-tiap mobil peserta untuk musim balap 2018.

Saran pemakaian halo didorong oleh Federasi Otomobil Internasional (FIA) dalam satu rapat Strategy Group yang di gelar di Jenewa, Swiss, Rabu (19/7/2017). Mereka yakini piranti itu dapat membuat perlindungan pembalap.

Terkecuali halo, shield sesungguhnya juga jadi pilihan jadi piranti pelindung pembalap. Pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, telah coba shield waktu session latihan GP Inggris, minggu kemarin.

Tetapi, pembalap asal Jerman itu mengakui kurang nyaman dengan terdapatnya shield. Dia terasa pusing serta pada akhirnya shield dicopot dari mobilnya.

Berdasar pada info yang berkembang, 9 dari 10 tim F1 dilaporkan tidak sepakat memakai halo.

Walau demikian, FIA menyatakan kalau pertimbangan keselamatan jadi prioritas pada musim 2018.

Design dari halo juga masih tetap dapat alami perubahan atau diperbaiki supaya beberapa pembalap dapat terasa nyaman waktu memakainya.

Gagasan pemakaian halo juga masih tetap butuh diratifikasi oleh Dewan Berolahraga Bermotor Dunia (World Motor Sport Council/WMSC).

Pemakaian halo sesungguhnya sempat dicoba pada musim 2016. Menurut pembalap Haas asal Perancis, Romain Grosjean, pemakaian halo ” sama buruknya ” dengan shield.