SHARE

Direktur Pemberantasan Tubuh Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari mengatakan narkoba yang umum diselundupkan dari ” segitiga emas ” yaitu beberapa lokasi Myanmar, Laos, serta Thailand, saat ini mulai berubah.

Arman yakini narkoba yang mengedar di Indonesia saat ini diselundupkan lewat Sungai Mekong.

” Segitiga emas yang awalannya jadi asal beberapa barang narkoba yang masuk ke Indonesia, berubah ke Sungai Mekong, ” kata Arman di Mapolda Metro Jaya, Kamis (20/7/2017).

Bila dahulu segitiga emas ini banyak mensuplai psikotropika type alami seperti heroin, saat ini trend supply serta keinginan narkoba beralih.

” Heroin kurang disukai, nah saat ini berubah ke new psychoactive substances seperti sabu serta ekstasi, jadi lalu sindikat juga berubah ke Sungai Mekong, ” kata Arman.

Arman menyebutkan Indonesia jadi pasar yang menggairahkan untuk beberapa bandar narkoba Asia sebab Indonesia masih tetap cukup longgar bila dibanding dengan negara tetangga.

” Kita juga akan menguber serta menghancurkan sindikat ini dengan perlengkapan yang kita punyai serta sudah pasti pakai senjata, ” katanya.