SHARE

KAIRO — Markas besar Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) di Kairo, Mesir menginformasikan satu perubahan perlu tentang format saat gelaran turnamen Piala Afrika. Mulai 2019, turnamen antarnegara Afrika itu juga akan dihelat tiap-tiap akhir Juni sampai Juli.

Kebijakan ini merubah format terlebih dulu. Mulai sejak 1996, Piala Afrika senantiasa di gelar pada Januari. Diambil dari ESPN FC, Jumat (21/7), pertemuan beberapa komite CAF menyepakati perubahan itu jadi bentuk perwujudan masukan.

Bukanlah rahasia umum, banyak club Eropa yang mempunyai pemain-pemain asal Afrika terasa keberatan karna Piala Afrika diselenggarakan pada Januari. Itu karna pada bln. itu pertandingan di Eropa masih tetap jalan.

Mengakibatkan, beberapa club Eropa mesti kehilangan beberapa kemampuan karna pemainnya pergi membela negaranya di Piala Afrika.

” Diluar itu CAF juga mengambil keputusan menaikkan peserta Piala Afrika jadi 24, semakin banyak delapan dari sebelum-sebelumnya, ” catat pernyataan resmi CAF.

Berita ini pasti jadi angin segara untuk beberapa club Eropa yang mempunyai pemain asal Afrika. Dengan penentuan saat akhir Juni sampai awal Juli berarti Piala Afrika juga akan bergulir waktu musim pertandingan di Eropa usai. Dipercaya juga, hak siar dari turnamen ini juga akan bertambah harga nya karna pada saat digelarnya turnamen tidak bentrok dengan tayangan bebrapa kompetisi di Eropa.