SHARE

ISTANBUL — Mesjid Sultan Ahmet atau Masjid Biru di Istanbul, Turki, gagasannya juga akan diperbaiki. Perbaikan ini adalah perbaikan paling besar dalam 400 th. histori ikon Istanbul itu.

Pemerintah Turki mengemukakan gagasan restorasi juga akan memakai layanan profesional serta direncanakan usai dalam empat th. ke depan. Restorasi masjid masa Turki Utsmani itu juga akan diawali minggu depan. Meskipun demikian, Masjid Biru akan tidak ditutup baik untuk jamaah shalat ataupun wisatawan sepanjang restorasi berjalan.

Direktur Jenderal LSM Kantor Perdana Menteri Turki, Adnan Ertem, menyebutkan, restorasi masjid yang terdapat di lokasi berpenduduk padat itu dipercaya akan tidak beresiko negatif pada pariwisata Turki. Terutama, Istanbul begitu tergantung pada pendapatan dari bidang pariwisata termasuk juga kunjungan ke Masjid Biru serta Istana Topkapi.

”Restorasi juga akan dikerjakan bertahap serta wisatawan dapat lihat bagaiman restorasi dikerjakan, ” kata Ertem seperti diambil Daily Sabah, sekian waktu lalu.

Dalam project ini, pelapis kubah serta dinding-dinding masjid juga masuk dalam sisi perbaikan. Bebatuan serta marmer yang jadi sisi interior serta eksterior masjid akan diperkokoh.

Di bagian beda, ornament Cina yang berada di sana juga akan dipreservasi serta permukaan kayu dibagian dalam masjid juga akan dikembalikan ke susunan kayu awal. Perbaikan akan menyentuh sisi taman serta minaret.

Masjid yang bercahaya biru karna keramik biru yang melapisinya, dikepalai Sultan Ahmet I waktu sistem pembangunannya serta mulai dipakai untuk shalat pada 1616. Masjid Biru adalah hanya satu masjid yang dibuat di masa Turki Utsmani.

Arsiteknya, Sedefkar Mehmet Agha, membuat pendirian masjid ini pas di seberang Hagia Sophia yang di kenal jadi contoh arsitektur paling baik Byzantium didunia. Keramik sisi dalam Masjid Sultanahmet di produksi pengerajin dari Kota İznik yang populer dengan karya-karya dengan kecermatan tinggi. Lebih dari 200 ribu buah keramik menghiasi interior masjid yang paling akhir direstorasi 30 th. lantas itu.