SHARE

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, terasa mengagumi akan dengan perubahan Kota Yogyakarta terlebih dengan terdapatnya lokasi pedestrian di Jalan Malioboro.

Sebab menurut dia, banyak warga melakukan aktivitas di ruangan umum seperti di lokasi pedestrian itu tunjukkan hal yang baik. ” Kota baik itu bila warganya banyak melakukan aktivitas di ruangan kota bukanlah dirumah, ” tutur pria yang akrab disapa Emil di Yogyakarta, Jumat (21/7/2017).

Emil juga merekomendasikan ada penambahan fasilitas lokasi yang sama diluar Malioboro agar Kota Yogyakarta nyaman ditempati. Sebab, ruangan kota itu tidak cuma taman atau lokasi pedestrian saja, tetapi ruang yang dapat dipakai aktivitas positif oleh orang-orang.

” Dimana ada ruangan menganggur itu dikonversi jadi ruangan positif. itu juga mengisyaratkan kota yang bahagia, ” ucap pria yang menginginkan mencalonkan diri jadi Gubernur Jawa barat itu.

Tidak cuma menaikkan ruangan kota, ia merekomendasikan orang-orang Kota Yogyakarta kembali memakai sepeda jadi fasilitas transportasinya. Sebab ia menilainya, jumlah pesepeda di Kota Yogyakarta semakin menyusut.

” Semoga bersepeda sekali lagi karna telah semakin tidak sering. Di Bandung sendiri ada sepeda yang disewakan, ” tutur Emil.

Emil menilainya ciri-khas Kota Yogyakarta sama dengan Kota Bandung yang di pimpinnya. Banyak hal positif di Kota Yogyakarta juga menginginkan ditiru serta diterapkannya di Kota Bandung th. ini.

” Ciri-khas sama, yakni keduanya sama kota pendidikan, kota wisata, kota anak muda. Kami sama-sama belajar serta saya belajar masalah Art Jog. Kami juga akan buat th. ini di Kota Bandung, ” papar Emil.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengakui juga akan kembali mengajak orang-orang untuk bersepeda saat pergi bekerja, sekolah, atau melancong ke satu tempat. Hal tersebut menyusul pernyataan Emil yang menilainya pesepeda di Kota Yogyakarta mulai menyusut.

” Kami juga akan mendorong aktivitas bersepeda bike to work serta bike to school. Karna yang alami penurunan itu warganya. Bukanlah kami yang hentikan, ” kata Haryadi.

Haryadi juga menyebutkan, program itu juga akan dikerjakan pada th. ini. Terkecuali mengajak kembali orang-orang bersepeda, pihaknya juga akan perbanyak fasilitas serta prasarana untuk beberapa pesepeda.

” Kami juga cermati bagian keselamatan beberapa sepeda. Th. ini jalur sepeda juga akan kami memperbanyak, ” tutupnya.