SHARE

Sekretaris DPRD DKI Jakarta Muhamad Yuliadi menyebutkan tak ada arti asisten pribadi (aspri) dalam alat kelengkapan DPRD. Ia menyikapi saran anggota DPRD DKI yang memohon asisten pribadi.

Yuliadi, Jumat (21/7/2017), menyebutkan arti yang umum dipakai yaitu tim pakar atau tenaga pakar. Menurutnya, amanat Ketentuan Pemerintah (PP) Nomor 18 Th. 2017 mengenai Hak Keuangan serta Administratif Pimpinan serta Anggota DPRD saat ini malah membatasi jumlah tenaga pakar yang berada di DPRD.

” Jadi bila menurut PP saat ini, dahulu kan pimpinan memperoleh 4 tenaga pakar. Saat ini pimpinan itu cuma (memperoleh) 3 tenaga pakar, ” kata Yuliadi.

Pimpinan DPRD DKI yang disebut Yuliadi terbagi dalam satu Ketua DPRD serta 4 Wakil Ketua DPRD. Ketentuan yang dimaksud Yuliadi terdaftar dalam Pasal 20 ayat 1 huruf c PP Nomor 18 Th. 2017 yang menyebutkan kalau pembentukan grup pakar atau tim pakar alat kelengkapan DPRD adalah sisi dari berbelanja penunjang aktivitas DPRD yang disiapkan untuk mensupport kelancaran peranan, pekerjaan, serta wewenang DPRD.

Pasal 23 ayat 2 PP itu juga mengatakan kalau grup pakar atau tim pakar alat kelengkapan DPRD seperti disebut pada ayat 1 paling banyak 3 orang untuk tiap-tiap alat kelengkapan DPRD.

” Jadi ya memanglah menyusut. Memanglah di PP telah tegas dibilangnya berapakah (orang tenaga pakar), ” tutur Yuliadi.

Keseluruhannya, jumlah tenaga pakar akan dikurangi. Terlebih dulu tenaga pakar yang bertugas di lingkungan DPRD DKI sejumlah 137 orang. Sesudah PP no 18 th. 2017 di turunkan dalam perda, jumlahnya cuma juga akan 37 tenaga pakar saja. Oleh karenanya, Yuliadi menyebutkan juga akan susah sediakan satu orang tenaga pakar atau asisten pribadi untuk satu anggota Dewan.

” Ya susahlah bila asisten pribadi. Prinsipnya tenaga pakar itu kan dapat digunakan untuk bersama, ” tutur Yuliadi.

Sekarang ini, keinginan itu baru hanya saran anggota Dewan. Yuliadi menyebutkan kelak saran itu juga akan dibicarakan kembali.

Upah tenaga pakar beragam. Yuliadi menyebutkan upah mereka ditetapkan dari tingkat pendidikan serta pengalamannya.