SHARE
Alex Indra Lukman menilai Setya Novanto tak perlu mengundurkan diri.

Penetapan status tersangka Setya Novanto oleh KPK,  Senin (17/7/2017) tak membuat anggota DPR RI gaduh. Beberapa Fraksi seperti Partai Golkar dan Fraksi PDIP bahkan masih ingin terus mempertahankan Ketua DPR RI itu untuk menjabat.

Ketua fraksi Partai Golkar, Robert Kardinal secara tegas dan jelas menyatakan bahwa semua pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Selain itu harus tetap mematuhi UU MD 3 atau UU no. 17 tahun 2014.

Dalam pasal 87 UU tersebut jelas disebutkan jika seorang ketua DPR RI mundur dari jabatannya jika sudah terkena kasus hukum yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bendahara Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Alex Indra Lukman. Ia menuturkan dengan menganut asas praduga tak bersalah maka Setya Novanto tidak perlu mengundurkan diri.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani, berpendapat kasus Setya berimbas terhadap citra DPR sebagai salah satu lembaga negara. Namun Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD serta Tata Tertib DPR tidak mengatur bahwa seseorang yang berstatus tersangka harus mengundurkan diri.

Selama masih berstatus tersangka, kata Arsul, semua kembali pada standar moral yang dianut sebuah partai. “Apa yang jadi keputusan dan sikap Golkar yang pasti secara hukum tidak salah, pada saat ini. Tapi kalau soal penilaian etik dan moral kami serahkan pada publik,” ucapnya.

Banyak pihak mensinyalir penetapan tersangka atas Setya Novanto itu masih minim bukti. Rencananya Partai Golkar akan segera mengajukan praperadilan atas kasus ini.

KPK yang mulai terjepit dengan langskah Pansus hak Angket KPK, mulai mencari-cari cara agar bertahan. Salah satunya dengan menetapkan status tersangka pada Setya Novanto sebagai cara menghibur rakyat dan menutupi borok mereka.

Baca Juga  KPK Harus Usut Bocornya BAP Markus Nari
 Alex Indra Lukman menilai Setya Novanto tak  perlu mengundurkan diri.
Alex Indra Lukman menilai Setya Novanto tak perlu mengundurkan diri.