SHARE

LAGA pamungkas Kejuaraan Sepak Bola Asia Tenggara untuk kelompok usia 15 tahun, atau AFF U-15, mempertemukan tuan rumah Thailand dengan Vietnam. Partai puncak kejuaraan tahunan dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF/ASEAN) ini akan digelar Sabtu, 22 Juli 2017, di IPE Chonburi Campus, Chonburi, Thailand.

Tim tuan rumah, Thailand, merengkuh tempatnya di partai puncak setelah menang tipis 1-0 atas Malaysia di semifinal, Kamis (20/7). Vietnam tampil menawan untuk menghempaskan juara bertahan Australia 2-1 di semifinal lainnya. Ini merupakan kekalahan kedua bagi tim Kanguru Muda. Australia sebelumnya juga harus menyerah 1-2 pada Thailand pada pertemuan mereke di penyisihan Grup A.

Para punggawa muda Vietnam melampiaskan kegembiraannya setelah memastikan lolos ke babak final AFF U-15 dengan mengalahkan juara bertahan Australia 2-1 di babak semifinal, Kamis (20/7) di Chonburi, Thailand
  1. View image on Twitter
    Jakkrapong (kiri) menjadi pencetak gol tunggal kemenangan timnya, Thailand, atas Malaysia di babak semifinal AFF U-15, Kamis (20/7).
  2. AFF U15 – Semifinal 1 – Thailand 1 Malaysia 0 – THAILAND MAKE FINAL

    View image on Twitter

AFF U15 – 22July 2017 at Chonburi Stadium – 3rd / 4th Placing (1600hrs) – Malaysia vs Australia – FINAL (1830hrs) – Thailand vs Vietnam

View image on Twitter
Thailand, Vietnam, dan Australia–tiga diantara empat tim semifinalis AFF U15 ini– sama sama pernah dihadapi oleh Timnas U-16 Indonesia yang gagal total di AFF U-15 tahun 2017 ini.
Thailand mengalahkan Timnas U-16 Indonesia dengan skor tipis 1-0 di laga kedua penyisihan Grup A. Pada pertandingan pertamanya, Thailand menang 2-1 atas Australia, sementara Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Myanmar. Setelah itu, Timnas U-16 Indonesia dihajar Australia 3-7,  yang sekaligus memastikan kegagalan mereka melangkah ke babak semifinal. Lebih menyakitkan lagi, pasca dipermak Australia, timnya Fakhri Husaini dipermalukan 2-3 oleh Laos.
Sementara itu, Indonesia memang tidak menghadapi Vietnam di AFF U-15 ini. Akan tetapi, Indonesia U-16 ini pernah bermain seri 1-1 dengan Vietnam di turnamen pemanasan Tien Phong Plactic Cup pertengahan bulan Juni 2017 di Da Nang, Vietnam. Seperti pernah ditulis sebelumnya, kala itu timnas U-16 ini mencukur tim Taipei 11-0 dan menang 4-1 atas Myanmar, sehingga mereka dinobatkan sebagai juara karena perolehan nilainya lebih baik dari tim tuan rumah, Vietnam.
Dari pencapaian baik di turnamen Tien Phong Plastic Cup di Da Nang dalam persiapan menghadapi AFF U-15 tersebut, para pemain hanya diliburkan sebentar setelah mereke kembali ke Jakarta. Setelah itu, para pemain Timnas U-16 kembali digenjot dalam  latihan keras di Jakarta, termasuk dengan tidak dipulangkan ke rumah masing-masing saat libur Lebaran lalu.

Menurut keterangan pelatih kepala Fakhri Husaini kala itu, jika para pemain diliburkan lagi, maka mereka tidak akan memiliki banyak waktu lagi untuk  mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF U-15 di Thailand yang digelar 9-22 Juli tersebut.

Baca Juga  Pria Ini Alami Nasib Yang Bikin Publik Iri Setelah Kembalikan Dompet Temuannya Di Jalan

Pernyataan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mempertegas hal itu. “Dari awal kita sudah sampaikan itu (ke pemain) karena memang jadwalnya mendekati hari raya. Ya terpaksa dalam persiapan ini, para pemain harus mengabaikan kepulangannya ke rumah masing-masing,” demikian antara lain disampaikan Edy Rahmayadi saat menyaksikan latihan timnas U-16 di Mako Kopassus, Cijantung.

“Tapi biasa itu, perjuangan ini kan perlu pengorbanan,”  jelas Edy Rahmayadi, yang saat itu berjanji akan mendampingi perjuangan para pemainnya di Piala AFF U-15.

Mungkin karena kesibukannya sebagai Pangkostrad, Edy Rahmayadi tak sempat datang ke Chonburi, Thailand, untuk menyaksikan lima pertandingan yang dijalani Timnas U-16 i ini di penyisihan Grup A Piala AFF U-15 tersebut.
Hasil gambar untuk timnas u16 pulang
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, saat ditemui media.
Kejuaraan AFF U-15 sudah memasuki laga final, sementara para pemain Timnas U-16 Indonesia sudah kembali ke tanah air dan para pemain kini mungkin sudah dipulangkan ke rumah masing-masing.