SHARE

BANDARLAMPUNG — PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk siap menempatkan sejumlah 10. 321 jaringan gas rumah tangga dengan gratis untuk orang-orang berpendapatan rendah di Kota Bandarlampung. PGN membidik sistem pemasangan jaringan gas berbentuk pipa jaringan distribusi serta instalasi gas bumi untuk lokasi Bandarlampung usai pada Desember 2017.

” Kami memperoleh penugasan dari Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral untuk menempatkan jaringan gas ke tempat tinggal warga di Bandarlampung itu, ” kata Sales Ruang Head PT PGN Lampung Wendi Purwanto, baru saja ini.

Menurut dia, pemasangan pipa dikerjakan awal Juli 2017, hingga sekarang ini jumlah instalasi sudah terpasang sekitaran tiga ribu tempat tinggal. Pipa itu terpasang pada sebagian kelurahan salah satunya Pahoman, Kelapa Tiga, serta beberapa lokasi Kecamatan Tanjungkarang Pusat.

Ia menerangkan, sejumlah delapan kecamatan di Bandarlampung akan dilewati pipa jaringan gas bumi PGN, yaitu Kecamatan Telukbetung Utara, Tanjungkarang Pusat, Tanjungkarang Barat, Kedaton, Way Halim, Labuhan Ratu, Tanjung Seneng, serta Sukarame.

Pada th. ini, Kementerian ESDM menempatkan instalasi gas bumi untuk rumah tangga berpendapatan rendah untuk orang-orang tiga daerah, yakni Mojokerto (Jawa Timur), Bandarlampung (Lampung), serta Musi Banyuasin (Sumatra Selatan).

Wendi menerangkan, cost pemasangan instalasi jaringan gas baru dapat menjangkau sekitaran Rp 3 juta sampai Rp 5 juta untuk satu tempat tinggal. Belum juga termasuk juga pipa dari jaringan gas menuju tempat tinggal.

Sampai saat ini, kuota yang ditetapkan pemerintah pusat telah memenuhi, yaitu sejumlah 10. 321 rumah tangga serta sudah usai diverifikasi.

Walau demikian, hingga saat ini banyak orang-orang yang punya niat menginginkan mendaftar.

” Dari jumlah 10. 321, ada sekitaran 500 rumah tangga yang memajukan pendaftaran, tetapi pihak PGN sudah menerangkan pada orang-orang kalau mengajukan tetaplah di terima tetapi untuk penambahannya masih tetap belum juga dapat di pastikan kapan juga akan di setujui, ” tuturnya sekali lagi.

Ia menerangkan, pemasangan instalasi jaringan gas penugasan dari Kementerian ESDM ini adalah pengalihan dari subsidi BBM yang sudah dihapuskan.