SHARE

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewisuda 136 santri penghafal Alquran yang juga akan diberangkatkan ke Turki untuk menimba pengetahuan keislaman.

” Jagalah corak keberislaman Indonesia yang santun serta ramah dan menyebar Islam rahmatan lil alamin, ” pesan Lukman pada beberapa wisudawan di Jakarta, Selasa.

Ke-136 santri yang juga akan diberangkatkan ke Turki itu yaitu beberapa peserta program beasiswa yang disebut kerja sama pada Kementerian Agama serta Ponpes United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) yang telah jalan sepanjang tujuh th..

Kemitraan tersebut mempunyai tujuan untuk cetak kader ulama yang memiliki kemampuan pemahaman Alquran yang baik.

Menteri Lukman mengingatkan, beberapa pelajar yang pergi ke luar negeri itu adalah duta bangsa hingga mesti melindungi nama baik Indonesia.

Beberapa santri, kata dia, mesti dapat menyebarkan nilai-nilai Islam seperti yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW yang lekat dengan semangat kasih sayang, mengayomi serta menuntun.

Menurutnya, santri yang juga akan belajar di Turki yaitu beberapa orang dipilih yang telah melalui sistem seleksi.

Oleh karenanya, dia mengharapkan mereka bisa memakai kesempatan peluang sepanjang ada di Turki termasuk juga pelajari negara dengan histori panjang dalam peradaban Islam itu.

Sesaat nantinya saat kembali pada tanah air, mereka diharakan bisa menyebarkan ilmunya di orang-orang Indonesia hingga berikan faedah yang baik.

Baca Juga  Turki m Sebut Qatar Selalu Bersama Kami dalam Memerangi Terorisme