SHARE

KUPANG — Sejumlah 189 calon haji Kota Kupang mulai di beri vaksin meningitis jadi satu diantara sisi dari prosedur persiapan sebelumnya diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menunaikan Beribadah Haji 2017.

” Pemberian vaksin itu mulai dikerjakan Senin (10/9) lantas di Puskesmas sebagai tempat kontrol kesehatan terlebih dulu, ” kata Kepala Kantor Agama Kota Kupang Ambros Korbafo, Rabu (12/7).

Dia menyebutkan, sejumlah 189 calon haji itu terlebih dulu dinyatakan sehat pascepemeriksaan di Puskesmas. ” Karna dinyatakan sehat jadi bagian kelanjutan yaitu pemberian vaksin sebelumnya pemberangkatan, ” tuturnya.

Jumlah 189 calon haji itu terdiri atas jamaah calon haji lelaki sejumlah 74 orang serta calon haji perempuan sejumlah 115 orang. Sesudah lakukan pemberian vaksin ini, sembari menunggu ketentuan pemberangkatan, beberapa jamaah juga akan lagi lakukan manasik untuk meyakinkan proses kelak di Tanah Suci tidak punya masalah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Ari Wijana menyebutkan, Dinas Kesehatan Kota Kupang mencatat telah berhasil mengecek 189 jamaah calon haji daerah itu untuk kebutuhan pergi ke tanah suci serta semua dinyatakan sehat.

Dalam kontrol pertama pada 189 calon haji itu telah dikerjakan mulai sejak awal Mei lantas sesudah Dinas Kesehatan keluarkan panduan tehnis (juknis) kontrol bersama jadwalnya, sebelumnya beberapa jamaah memperoleh kepastian kloter keberangkatan dari Kementerian Agama RI pada Juli atau Agustus yang akan datang.

Sejauh kontrol itu tidak diketemukan hasil calon haji yang menanggung derita penyakit kritis seperti TBC serta penyakit yang lain. ” Karna semua sehat jadi masuk dalam kontrol step dua yakni pemberian vaksin yang tengah dikerjakan sampai hari ini, ” tuturnya.

Pemberian vaksin meningitis ini telah jadi standard untuk semua jamaah calon haji yang juga akan lakukan beribadah. Meningitis yaitu radang pada membran serta menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang dengan kesatuan dimaksud meningen.

Baca Juga  Ketersediaan Vaksin Meningitis Sesuai Kuota Calhaj

Radang bisa dikarenakan infeksi virus, bakteri atau mikroorganisme beda. Meningitis bisa mengakibatkan kematian karna radang yang berlangsung di otak serta sumsum tulang belakang, hingga keadaan ini diklasifikasikan jadi kedaruratan medis. ” Jadi perlu untuk tiap-tiap jamaah untuk diberi vaksin sebelumnya pergi ke tanah suci, ” kata Ari.

Sesudah memperoleh vaksin itu, tiap-tiap calon haji juga akan diberi sertifikat menginitis jadi tanda sudah memperoleh vaksin itu. ” Ini adalah prosedur standard yang harus dipenuhi tiap-tiap calon haji, ” tuturnya.