SHARE

Athena – Gempa bumi berkekuatan 6, 7 Taraf Richter (SR) mengguncang lokasi wisata Pulau Dodecanese di Yunani serta pantai Aegean di Turki. Paling tidak dua orang di pastikan tewas karena gempa kuat ini.

Dilaporkan kantor berita Yunani, ANA News Agency, seperti ditulis AFP, Jumat (21/7/2017), kalau dua korban itu tewas di Pulau Kos, Yunani. Wali kota setempat mengatakan, gempa ini menyebabkan korban luka serta rusaknya di Pulau Kos.

Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi ini berpusat di satu tempat yang berjarak 10, 3 km. samping selatan resort Bodrum, Turki serta 16, 2 km. samping timur Pulau Kos, Yunani. Ke-2 lokasi jadi daya tarik wisatawan waktu musim panas.

Menurut USGS, gempa yang mengguncang pada Jumat (21/7) awal hari, jam 01. 31 saat setempat ini, berpusat di kedalaman 10 km. dari permukaan laut.

Di lokasi wisata Bodrum, gambar-gambar yang disiarkan tv setempat tunjukkan kepanikan warga serta beberapa turis yang keluar sampai ke jalanan, waktu gempa menempa.

” Masalah paling besar sekarang ini yaitu aliran listrik terputus di sebagian ruang spesifik. Ada rusaknya enteng serta tak ada laporan korban tewas, ” papar Wali Kota Bodrum, Mehmet Kocadon, pada tv lokal NTV.

Gubernur Mugla, tempat lokasi wisata Bodrum, mengatakan ada sebagian orang alami luka enteng sesudah terjatuh dari jendela karna cemas. Getaran gempa dilaporkan juga merasa sampai ke Semenanjung Datca — juga lokasi wisata, serta kota Izmir di samping utara Aegean.

Getaran gempa ini dirasa oleh beberapa wisatawan di Pulau Rhodes, Yunani. ” Kami begitu terperanjat. Kami takut serta selekasnya pergi ke luar, ” ucap satu diantara wisatawan, Teddy Dijoux, pada AFP.

Baca Juga  Tak Berpotensi Tsunami, Gempa 5,5 SR Guncang Padang Sidempuan

” Gempa merasa cukup lama. Saya dengan selekasnya menyatukan anak-anak saya untuk meninggalkan hotel, ” timpal wisatawan yang lain, Sylvie Jannot.