SHARE

Sejumlah 40 karyawan tidak dapat bekerja, Kamis (20/7/2017), karna perusahaannya, PT Millenium Laundry disegel.

Perusahaan yang ada di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi itu disegel karna dipandang mencemari Kali Bekasi dengan limbah.

“Total semuanya karyawan (PT Millenium Laundry) 40 orang, namun saat ini yang aktif hanya separuhnya karna saat ini masih tetap sepi. Kelak bila telah netral baru separuhnya diaktifkan sekali lagi, ” tutur penanggung jawab pabrik, Muhidin (45).

Menurutnya, pihak pabrik juga akan mengemukakan komplain pada yang memiliki tempat pabrik yang disewa oleh PT Millenium Laundry.

Sebab, kata dia, tanggung jawab pengelolaan limbah berada di tangan yang memiliki tempat pabrik.

Tetapi, pemiliki tempat pabrik mengakui belum juga mempunyai dana untuk membuat tempat pemrosesan limbah pabrik.

Muhidin juga mengakui telah mengingatkan yang memiliki tempat pabrik masalah pemrosesan limbah karna telah memperoleh teguran dari Dinas Lingkungan Kota Bekasi.

Mengenai pabrik yang disegel ini sediakan layanan membersihkan serta pelusuhan celana jeans yang lalu juga akan dikembalikan ke konveksi.

“ Pabrik ini berdiri setahun yang kemarin. Jadi disini ada yang dilembutkan berbahan, dirubah warna serta motif dari celana jeans, ” kata Muhidin.

Dalam sehari, PT Millenium Laundry bisa merampungkan pencucian serta pelusuhan celana jeans sejumlah 2. 000 potong. Untuk sekali membersihkan, pabrik ini memerlukan 100 liter air untuk 150 potong celana.

Muhidin juga mengemukakan, mulai sejak Dinas LH lakukan sidak pada Selasa (18/7/2017), pengelola pabrik sudah memberhentikan produksi.

Aktivitas pabrik saat ini tinggal mengeringkan bahan (celana jeans) yang basah. Sebab, kata dia, bila tidak kering, celana jeans juga akan berjamur serta gampang rapuh.