SHARE

Pemerintah Jokowi sudah memutuskan tidak memberikan izin kepada PT Lapindo Berantas Inc untuk melakukan pengeboran gas di Sidoarjo, Jawa Timur. Pada saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pekan ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said tidak melaporkannya

“Hari ini, Lapindo (enggak dilaporin), tidak sempat dibicarakan karena kan sudah selesai kemarin,” tegas Sudirman di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Sudirman menjelaskan, rencana Lapindo untuk kembali melakukan pengeboran gas juga tahapannya masih belum mendapat izin clearence dari SKK Migas maupun pihak Dirjen Migas, Kementerian ESDM.

“Kemarin kita sudah minta ke SKK Migas untuk menghentikan kegiatan supaya masyarakat tidak terganggu. Itu kan masyarakat responsnya cukup negatif. Saya kira tahapannya cukup jauh sampai pada pengeboran, sekarang sudah kita selesaikan,” sambungnya.

Untuk informasi, Lapindo Berantas berencana melakukan pengeboran gas di Desa Kedung Bateng, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Di mana lokasinya, tak jauh dari lokasi semburan Lapindo, di Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Pengeboran itu tentunya berbahaya karena bisa menimb8ulkan kondisi yang tak menguntungkan atau menambah skala daerah yang terdampak lumpur. Untuk itu, pengeboran ini sebaiknya dihentikan. Namun Sudirman said, lagi-lagi membuat maneuver yang seakan-akan ingin menutupi kondisi itu.