SHARE

Menteri Rencana Pembangunan Nasional/Kepala Tubuh Rencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro menyebutkan, pemerintah juga akan mencari tempat yang luas serta sebisa-bisanya telah jadi aset negara, berkaitan perpindahan ibu kota.

Menurut Bambang, tempat yang luas serta adalah tanah negara itu banyak ada diluar Jawa. Wilayah-wilayah berikut yang nanti juga akan masuk dalam kajian Bappenas, terutama tentang tempat baru pusat administrasi pemerintahan.

” Kami prioritaskan yang negara telah mempunyai kepemilikan tentu pada areal tanah itu. Hingga, tak ada sekali lagi cost pembebasan tempat. Bila dapat 0, ” kata Bambang dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR-RI, Selasa (11/7/2017).

Kementerian berkaitan, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat akan lakukan survey ketersediaan air, pengendalian banjir, sampai resiko bencana. Lokasi dipilih yaitu lokasi dengan resiko bencana paling minim.

Bambang memberikan, lokasi dipilih jadi kota pusat pemerintahan yang baru ini benar-benar kota yang baru diperkembang atau masih tetap green field.

” Infrastruktur basic mesti dibuat semua dengan kwalitas baik. Perhitungannya juga akan dikerjakan dalam studi itu, termasuk juga skemanya yg tidak memberatkan APBN. Kami juga akan kedepankan public private partnership, ” ucap Bambang.

Dia menyebutkan, terkecuali mengubahkan kantor-kantor service pemerintahan, pemerintah akan mengubahkan kantor-kantor instansi tinggi negara.

” Jadi, tidak cuma (kantor) pemerintah, namun juga DPR, yudikatif, Mahkamah Agung. Itu juga akan jadi sisi dari ibu kota, ” kata dia.

” Sama dengan Washington DC, kongresnya berada di situ. Parlemen Australia ada juga di Canberra, ” tutur bekas Menteri Keuangan itu.

Disamping itu, Jakarta tetaplah jadi pusat usaha, pusat perdagangan, serta pusat layanan keuangan.

Untuk lakukan kajian perpindahan pusat administrasi ini, Bambang mengatakan diperlukan penambahan biaya sebesar Rp 7 miliar.

Pakar asing (urban planner) yang mumpuni akan dilibatkan dalam kajian komprehensif.