SHARE

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkap kebanggaannya pada Presiden Joko Widodo karna berani menerbitkan Ketentuan Pemerintah jadi Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2 Th. 2017 jadi pengganti UU No 17 Th. 2013 mengenai Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas).

Hal tersebut di sampaikan Soekarwo dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XII Asosiasi Pemerintah Kota Semua Indonesia (Apeksi) di Hotel Savana, Kota Malang, Kamis (20/7/2017).

Pada saat itu, Jokowi ada untuk tutup Rakernas yang di hadiri oleh wali kota semua Indonesia itu.

” Ada kepastian hukum pada (ormas) yang nakal. Sampai kini yang nakal serta yg tidak nakal dilewatkan. Saat ini dengan keluarnya Perppu telah terang. Ke mana sebenarnya lawan serta kawan kita itu terang, ” tuturnya.

Soekarwo juga mengatakan terima kasih karna Jokowi telah bersedia tutup Rakernas Apeksi itu.

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany mengungkap kebanggaannya atas hadirnya Presiden dalam penutupan Rakernas Apeksi itu.

” Untuk kami hadirnya Ayah Presiden adalah satu kepedulian serta keyakinan pada organisasi kami. Isya Allah jadi motivasi untuk kami agar dapat berkarya tambah baik sekali lagi, ” tuturnya dalam sambutannya.

Ia lalu mengungkap kecemasan beberapa wali kota juga akan peluang ada kriminalisasi oleh penegak hukum. Ia lalu memohon ada MoU pada wali kota serta penegak hukum untuk mengoptimalkan peranan Inspektorat.

” Jangan pernah kemauan baik kita karna ketidaktahuan kita juga akan regulasi membuat kita diadili yg tidak harusnya, ” tuturnya.

Ia juga menyebutkan juga akan memiliki komitmen selalu untuk memberi service paling baik pada warganya.