SHARE

Jakarta Demam lagu Despacito dari Luis Fonsi menjangkiti siapapun. Tidak hanya orang dewasa, banyak anak-anak yang sukai dengan lagu berbahasa asing itu.

Tetapi apabila ditranslate dalam bhs Indonesia, rupanya lirik lagu Despacito ditujukan untuk orang dewasa. Kalimat bernada sensual menghiasi lagu yang pertama kalinya diupload ke Youtube pada Januari 2017 ini.

Dapat diliat dari kutipan liriknya dalam bhs Indonesia di bawah ini : ” Saya menginginkan hirup aroma lehermu dengan perlahan-lahan, biarlah saya membisikkan suatu hal di telingamu. Hingga kau juga akan mengingatku waktu saya tidak ada di sampingmu “.

Apabila anak-anak menyanyikan lagu berbahasa Spanyol itu apa yang perlu dikerjakan orang-tua?

Menurut psikolog anak, Anna Surti Ariani, apabila anak tidak paham arti dari lirik lagu itu sesungguhnya tidak jadi masalah. ” Apabila mereka sebatas menyebutkan saja, bila tidak tahu berarti itu tidak berikan dampak, ” katanya.

Tetapi, apabila anak umur pra remaja sekitaran 9-10 th. serta telah mencari tahu semakin banyak dari lagu itu, dapat menyebabkan kebingungan serta perseteruan pada anak. Oleh karenanya psikolog yang akrab disapa Nina ini merekomendasikan orang-tua mendiskusikan lagu itu.

” Bukanlah bermakna orang-tua membutakan diri, janganlah pura-pura tidak tahu. Tetapi memanglah benar mengecek apa yang anak kenali mengenai lagu itu, ” pesannya. pada Selasa (11/7/2017).

Nina merekomendasikan, buat diskusi enjoy dengan anak lalu orang-tua menggali pemahaman anak juga akan lagu itu. ” `Menurut kamu lagu itu bagaimana? `, `Apa sich bagusnya lagu itu? ‘, ‘Eh, memanglah lagu ini berarti apa sich, Dek? ‘.

Bila memanglah anak sudah mengetahui lagu itu berlirik sensual, ajak diskusi lebih mendalam sekali lagi. Mungkin saja kalimatnya sensual atau vulgar namun anak tidak paham maknanya sekian.

” Umpamanya tanyakanlah pada anak umpamanya mengenai lirik melepas bajumu, ‘Menurut kamu arti lirik apa itu sich? ‘, ” misalnya.

Biasanya anak-anak pra remaja yang telah tahu apabila lirik Despacito berarti sensual. Tetapi, melarang mereka tidak untuk menyanyikan lagu itu bukanlah langkah yang pas, tetapi ajak ganti fikiran lewat diskusi.