SHARE

WASHINGTON — Anak tertua Presiden AS Donald Trump, Donald Trump Jr melaunching satu surat elektronik (surel) berantai yang tunjukkan ia semangat terima info peka tentang Hillary Clinton dari seseorang warga Rusia.

Publisis Rob Goldstone dari Rusia menyebutkan pada Trump Jr ada info yang disebut support dari pemerintah Rusia pada ayahnya. Trump Jr lalu menjawab, ” Bila benar, saya suka sekali. ”

Ditulis dari BBC, Rabu (12/7), surat elektronik itu berbuntut pada suatu pertemuan dengan seseorang pengacara Rusia. Trump Jr melaunching isi emailnya lewat Twitter kepunyaannya. Timbulnya pembicaraan dalam e-mail itu jadi konfirmasi pertama lingkaran Trump menghadiri pertemuan dengan keinginan memperoleh info peka dari petinggi Rusia.

Petinggi AS sekarang ini tengah menyelidiki sangkaan campur tangan Rusia dalam pemilu presiden AS 2016.

Petinggi tinggi dari Partai Demokrat di Komite Intelijen Parlemen Adam Schiff menyebutkan dia menginginkan Trump Jr serta semua orang yang datang ke pertemuan itu bersaksi di senat.

Dalam e-mail itu jaksa Rusia (satu peranan yang tak ada) tawarkan sediakan kampanye Trump dengan sebagian dokumen serta info resmi yang juga akan memberatkan Hillary, serta juga akan begitu bermanfaat untuk ayahnya.

Rantai e-mail juga diteruskan ke menantu Presiden Trump, Jared Kushner serta manajer kampanye Paul Manafort. Ketiganya lalu berjumpa dengan pengacara Rusia Natalia Veselnitskaya di Trump Tower di New York.

Mulai sejak dipilih, Presiden Trump sudah didera tuduhan Rusia coba menyabotase kampanye Clinton. Dia sudah menampik ketahui mengenai hal semacam ini serta Rusia juga berkali-kali menyanggah ikut serta.

Pada Mei, departemen kehakiman menunjuk bekas direktur FBI Robert Mueller jadi penasihat spesial untuk menyelidiki problem Rusia itu.

Baca Juga  Trump Mengaku Tidak Mengetahui Pertemuan Putranya dengan Warga Rusia

The New York Times pertama kalinya memberikan laporan pada Sabtu kalau satu pertemuan sudah berjalan pada 9 Juni 2016 pada Veselnitskaya serta tim Trump di Trump Tower. Lalu dilaporkan Trump Jr terlebih dulu sudah ditawari info yang mengakibatkan kerusakan tentang Clinton.

Times juga akan mempublikasikan e-mail yang tersambung ke pertemuan itu, tetapi malah didahului oleh Trump Jr yang mengunggah e-mail berantai itu di Twitter. Terlebih dulu diakuinya berjumpa dengan Veselnitskaya, tetapi bersikeras pengacara itu tidak memberi info yang bermakna. Trump Jr katakan Veselnitskaya menginginkan membahas adopsi.

Veselnitskaya, yang dihubungkan dengan pemerintah Rusia, dengan tegas menyebutkan dia tidak sempat mempunyai info yang bisa mengakibatkan kerusakan reputasi Clinton.

Dia menyebutkan Trump Jr serta dua pembantu kampanye senior mungkin saja sudah berjumpa dengannya musim panas lantas karna mereka menginginkan info itu. Dia menyangkal berkaitan dengan Kremlin.