SHARE

Petugas berhasil menangkap Agus Triyadi bin Masimun, satu diantara narapidana (napi) yang melarikan diri dari Instansi Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (9/7/2017) kemarin.

Koordinator Kepala Lapas se-Nusakambangan serta Cilacap, Abdul Aris menyebutkan, napi asal Jalan Stasiun RT 2 RW 4 Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah itu diringkus petugas paduan di Gladagan, belakang kompleks Lapas Narkotika, Rabu (12/7/2017) sekitaran jam 11. 15 WIB.

“Sekarang napi yang tertangkap ini telah diamankan serta kami tahan di sel isolasi Lapas Batu, ” tuturnya saat dihubungi Kompas. com, Rabu (12/7/2017).

Dalam kronologinya, Abdul menerangkan, sebagian sebelum tertangkap, Agus serta satu rekanan pelariannya, Hendra bin Amin dipergoki petugas tengah makan berdua di Gladakan.

“Karena terperanjat dengan hadirnya petugas, mereka berpencar. Si Agus lari ke kiri (arah Lapas Narkotika) serta Hendra lari ke kanan (arah Lapas Kembangkuning), ” katanya.

Sekarang ini petugas paduan dari unsur Sipir, TNI, serta Polri tengah fokus pengejaran pada Hendra, buruan napi atas masalah perampokan dengan waktu pidana lebih dari 10 th. itu.

“Kedua napi cukup licin karna sisa perampok, jadi napi atas nama Agus yang baru tertangkap ini adalah bekas anggota TNI yang dipecat atas masalah pelanggaran berat (disersi), ” tuturnya.

Dikabarkan terlebih dulu, dua narapidana (napi) bernama Hendra bin Amin serta Agus Triyadi bin Masimun dilaporkan melarikan diri dari Instansi Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (9/7/2017) siang.

Ke-2 napi masalah pencurian dengan waktu pidana lebih dari 10 th. ini disangka melarikan diri lewat cara menjebol plafon serta genteng diatas kamar mandi yang rusak didalam kompleks kamar tahanan.

Pada Selasa (11/7/2017), petugas berhasil temukan jejak dua napi kelas kakap itu. Tetapi jejak yang tercium oleh anjing pelacak hilang di rawa-rawa.

Dengan tertangkapnya Agus Triyadi, sekarang ini masih tetap ada dua napi yang lain yang tengah diburu oleh petugas, yaitu Hendra (rekanan Agus Triyadi) serta Kandunganmono, napi tamping yang terlepas dari Instansi Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Permisan, Nusakambangan, Senin (19/6/2017) kemarin.