SHARE

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Lutfi menyebutkan, bila limbah pabrik terus-terusan dibuang ke Kali Bekasi, jadi dapat membahayakan warga Kota Bekasi.

Sebab, kata dia, air kali itu dipakai Perusahaan Daerah Air Minum untuk supply air minum warga.

“Kalau umpamanya limbah selalu dibuang ke kali (Kali Bekasi), serta air kali (mutunya) dibawah baku kualitas jadi beresiko karna air kesempatan ini dipakai untuk PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), ” tutur Jumhana waktu didapati selesai penyegelan pabrik yang buang limbah ke Kali Bekasi, di Cikiwul, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Kamis (20/7/2017).

Pabrik yang disegel ini disebutnya tidak mengantongi analisa tentang efek lingkungan (Amdal) dan tidak mempunyai instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Jumhana juga menyebutkan kalau warga Kota Bekasi sampai kini masih tetap memakai air kali.

Dengan terpisah, Direktur Umum PDAM Tirta Patriot, Sugianto menyebutkan, air Kali Bekasi yang tampak berwarna akhir-akhir ini itu memiliki kandungan senyawa kimia.

Menurutnya, air kali yang memiliki kandungan senyawa kimia itu lebih sulit di jabarkan daripada air yang tercampur lumpur.

Sugianto juga menyebutkan, bila Kali Bekasi selalu menurus terserang limbah pabrik, air kali itu tidak dapat sekali lagi dipakai untuk keperluan warga Kota Bekasi.

Mengenai pabrik yang sudah mencemari Kali Bekasi yaitu PT Millenium Laundry di Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi. Pabrik itu telah disegel.

Pabrik itu mengelola usaha layanan pencucian serta pelusuhan warna celana jeans baru sebelumnya di pasarkan. Kesibukan itu hasilkan limbah cair yang segera mengalir ke Kali Bekasi.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah menyebutkan, hasil uji laboratorium limbah pabrik itu lebih dari baku kualitas, salah satunya zat chemical oxygen permintaan (COD) yang lebih dari baku kualitas sampai 200 % serta hexavalent chromium.

Kunstantinah menyebutkan, bila ke-2 zat itu terindikasi lebih dari baku kualitas, hal tersebut juga merubah kwalitas air sungai. Air sungai juga akan memiliki kandungan logam berat yang sifatnya beracun.