SHARE

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memperoleh sebagian pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkaitan program strategis nasional. Satu diantara pesan Jokowi mengenai kepastian penyelesaian MRT.

” Beliau bertanya kepastian MRT ya, yang diinginkan ketika proses Asian Games pada Agustus (2018) itu semuanya pekerjaan sipil itu harusnya bersih, ” kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Pada Jokowi, Djarot meyakinkan infrastruktur Jakarta telah siap dipakai waktu proses Asian Games.

” Saya berikan serta yakinkan itu semuanya bersih berarti keadaan jalan telah jauh tambah baik termasuk juga pengaturan trotoarnya terlebih Sudirman-Thamrin ya itu mesti bersih semuanya, ” ucap Djarot.

Diluar itu, Agustus 2018, MRT sudah masuk step eksperimen. Meskipun, belum juga juga akan di buka untuk umum.

” Agustus sebenarnya MRT itu tetap dalam step eksperimen. Berarti kereta telah dapat dipakai, namun dalam step eksperimen terus-menerus ya, serta belum juga dapat di buka untuk umum, untuk orang-orang. Namun bila untuk dicoba untuk official itu mungkin saja dapat ya, ” tutur Djarot Saiful Hidayat.

Walau ada keterlambatan pembangunan Stasiun Haji Nawi karna pembebasan tempat, kata dia, hal itu tidak mengganggu pembangunan MRT. Jokowi juga berpesan penyelesaian LRT serta integrasi semuanya moda pada Djarot.

” Beliau juga inginkan untuk integrasi karna selekasnya usai LRT yang dibuat di lokasi Jabodetabek, ” ucap Djarot.

Oleh karenanya, Djarot tidak keberatan apabila anggota DPRD DKI menginginkan meninjau MRT Hong Kong dengan argumen menginginkan pengebut pelaksanaan moda transportasi massal itu.

” Oleh karena itu tempo hari DPRD mengemukakan untuk lakukan kunjungan ke Hong Kong, saya katakan ya silahkan, ” tutur Djarot Saiful Hidayat.

” Bila rekan-rekan dewan ingin kesana, malah bagus, agar beliau ketahui juga bagaimana pengerjaannya di lapangan, ” tandas dia.