SHARE

Laporan sesaat mengatakan, dua warga pulau Kos, Yunani, terkonfirmasi tewas serta beberapa orang terluka karena diguncang gempa besar bermagnitudo 6, 7 pada Jumat (21/7/2017) awal hari.

Kepastian mengenai jatuhnya korban jiwa serta korban luka-luka itu di sampaikan oleh George Kyritsis, wali kota di pulau Kos, seperti dilaporkan oleh website berita Euronews, Jumat pagi.

Petugas pemadam kebakaran di pulau Kos juga berhasil mengevakuasi tiga orang yang pernah tertimbun puing-puing bangunan. Ada banyak bangunan yang rubuh.

Tubuh Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) memberikan laporan, kemampuan guncangan gempa yang diukur dengan taraf Richter adalah pada titik 6, 7.

Pusat gempa terdapat diantara terlepas pantai kota Marmaris, Turki, serta Yunani, di kedalaman yang cukup dangkal, yaitu 10 km dibawah permukaan basic laut.

Menurut USGS, gempa berlangsung pada Jumat jam 01. 31 saat setempat atau sekitaran jam 7. 31 WIB, dengan kemampuan yang dasyat.

Turki terdapat di jalur gempa, pertemuan pada lempeng Arab serta Eurasia.

Sesudah gempa paling utama, masih tetap berlangsung sekurang-kurangnya 13 gempa susulan, dengan lima salah satunya berkekuatan 4, 0 pada taraf Richter, membuat warga cemas.

Peluang juga akan jatuh banyak korban jiwa karena tertimbun puing bangunan. Tetapi, sistem evakuasi serta pendataan masih tetap tengah jalan.

Sesaat kantor berita Perancis, AFP, memberikan laporan, di daerah wisata pantai kota Bodrum, Turki, beberapa ratus orang berhamburan keluar tempat tinggal atau bangunan yang lain dengan penuhi berjalan-jalan kota.

” Problem paling besar sekarang ini yaitu listrik padam di beberapa daerah spesifik, ” kata wali kota Bodrum, Mehmet Kocadon, pada tv lokal, NTV, sembari menyebutkan belumlah ada laporan mengenai korban jiwa.

Rumah sakit pemerintah sangat terpaksa mengevakuasi beberapa pasien ke tempat yang aman diluar gedung.

Gubernur Propinsi Mugla, Turki, yang membawahi kota Bodrum menyebutkan, sebagian orang menanggung derita luka enteng karna dalam kondisi cemas mereka meloncat keluar lewat jendela.