SHARE

Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto menyebutkan, HTI juga akan berjumpa dengan pakar hukum Yusril Ihza Mahendra, sebagai kuasa Hukum HTI, pada Rabu (12/7/2017) besok.

Pertemuan itu juga akan mengulas beberapa langkah HTI untuk menggagalkan Ketentuan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) mengenai Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang juga akan selekasnya diterbitkan pemerintah.

Perppu itu keluar jadi satu diantara langkah pemerintah membubarkan ormas yang dinilai anti-Pancasila, satu diantaranya HTI.

” Sudah pasti kami juga akan menyimak seperti apa bentuk Perppu itu. Telah kami komunikasikan dengan Pak Yusril. Besok kami juga akan konsultasi dengan Pak Yusril, ” tutur Ismail waktu dihubungi, Selasa (11/7/2017) malam.

Menurut Ismail, HTI telah memperkirakan pemerintah juga akan menerbitkan Perppu mulai sejak pengumuman gagasan pembubaran HTI oleh Menko Polhukam Wiranto, pada 8 Mei 2017.

Oleh karenanya, HTI juga akan meniti usaha hukum berbentuk judicial review ke Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan Perppu itu.

” Sesungguhnya kami telah memperkirakan juga akan keluarnya Perppu. Apabila benar keluar jadi kami juga akan kemukakan judicial review ke MK, ” tutur Ismail.

Terlebih dulu, Presiden Joko Widodo dimaksud sudah meneken Perppu mengenai Pembubaran Ormas.

Menurut Staf Spesial Presiden Bagian Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, Perppu pembubaran Ormas juga akan di sampaikan segera oleh Menko Polhukam Wiranto pada Rabu (12/7/2017).