SHARE

ANKARA — Gempa yang cukup kuat mengguncang pesisir barat daya Turki pada Jumat (21/7), awal hari. Menurut instansi Survey Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa itu berkekuatan 6, 7 taraf Richter.

Gempa berlangsung pada jam 01. 31 saat setempat atau Kamis malam jam 22. 31 GMT di kota pantai Marmaris, Propinsi Mugla. Tempat itu dekat dengan kota Bodrum serta Datca yang disebut kota pariwisata dan dekat dengan Pulau Kops di kepulauan Dedocanese, Yunani.

Esengul Civelek, Gubernur Mugla dalam laporan awal mengatakan tak ada rusaknya besar, namun beberapa orang alami luka enteng. Wali Kota Mugla, Osman Gurun menyebutkan, guncangan itu menyebabkan masalah di sebagian tempat seperti jalinan telepon karna keunggulan beban penggunaan.

Disamping itu, Wali Kota Bodrum, Mehmet Kocadon menyebutkan, gempa mengakibatkan keretakan enteng pada beberapa bangunan. Media tv Turki NTV memberikan laporan gempa susulan dirasa di lokasi itu pada jam 1. 52 pagi dengan kemampuan 4, 6.

Tubuh pemantau gempa bumi Eropa EMSC memperingatkan peluang tsunami kecil karena gempa itu. Tetapi tv mengutip petugas yang mengatakan peluang cuma gelombang tinggi. Turki adalah daerah gempa karna letaknya diapit lempeng Arab serta Eurosia.

Baca Juga  Gempa Bumi Guncang Perairan Dekat Turki dan Yunani