SHARE

Jakarta – Kementerian Hukum serta HAM juga akan membuat lapas baru di tempat punya Pemprov DKI di Ciangir, Kabupaten Tangerang, Banten. Lapas ini juga akan jadi jalan keluar atas masalah over kemampuan di Rutan Salemba serta Cipinang.

” Rutan Salemba telah padat serta selanjutnya tidak dapat untuk pembinaan warga binaan pemasyarakatan, butuh tempat mencukupi jadi kami memajukan permintaan untuk memakai tempat di Ciangir yang punya Pemprov DKI, ” tutur Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

Sri mengatakan, Rutan Salemba sekarang ini menyimpan 5 ribu warga binaan, walau kemampuan tampungnya cuma untuk 2 ribu orang. Jika over kemampuan tidak dikerjakan, Kemenkum menurut Sri cemas terjadinya penyimpangan di rutan.

” Ini pasti service tidak dapat dikerjakan dengan baik, pembinaan tidak dapat digerakkan, bahkan juga mungkin saja juga akan ada penyimpangan, pelanggaran HAM, dan sebagainya, ” kata Sri.

Terlebih dulu Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebutkan, lapas baru di Ciangir juga akan memakai system open camp (lapas terbuka). Warga binaan diwajibkan produktif serta bekerja sepanjang ada di Lapas Ciangir.

” Nah yang disana kelak napi yang sampai kini tidak produktif kita letakkan disana sesudah assessment dahulu. Demikian putus pengadilan, diletakkan lapas yang maximum security, dididik, assessment, disana suruh kerja, tidak bisa nganggur, mesti mereka beri peran pada negara, ” jelas Sri.

Warga binaan nanti juga akan dipindahkan ke Laapas Ciangir dengan bertahap. Mereka yang dipindahkan dapat bertani atau beternak sepanjang di lapas.

” Semuanya (juga akan dipindah ke Ciangir) namun kelak dipindah kesana itu sesudah yang baik-baik, yang di-assessment dahulu sesudah dididik, dilatih lalu dapat bersosialisasi dengan orang-orang, kita letakkan disana untuk bekerja pertanian, peternakan, ” terang Sri.

Baca Juga  Djarot: Saya Butuh Mereka di TGUPP, Usai Angkat PNS yang Dicopot Ahok

” Semoga dengan dipindahkan semua lapas yang di DKI itu ke Ciangir. Disana kan telah lebih lembut, istilahnya open camp, ” harapnya.