SHARE

Jakarta – PAN jadi hanya satu parpol pendukung pemerintah yang walk out dalam pengesahan RUU Pemilu jadi UU. Apa respon Mendagri Tjahjo Kumolo?

” Bertanya PAN sendiri janganlah bertanya saya. Saya tidak mau komentar karna pekerjaan kami dengan DPR merampungkan UU ini jadi referensi semua parpol baik yang turut hingga usai atau walk out, namun itu sisi paripurna DPR telah disahkan, ” tutur Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Jakpus, Jumat (21/7/2017).

Tjahjo berpandangan ketentuan paripurna untuk mengesahkan UU Pemilu telah mewakili tiap-tiap fraksi di DPR. Walau, kata dia, ada fraksi yang walk out. Seperti di ketahui, 4 fraksi yang ogah meneruskan kajian RUU Pemilu yaitu PKS, Demokrat, PAN, serta Gerindra.

” Saya lihat yang ditetapkan DPR mewakili semua fraksi di DPR. Meskipun ada yang walk out, namun dengan konstitusional mengambil keputusan kalau telah dibicarakan dengan pemerintah, ” tuturnya.

Pastinya, langkah walk out ini dibarengi oleh pimpinan DPR dari fraksi yang berkaitan. Pimpinan DPR yang walk out yaitu Agus Hermanto (Demokrat), Taufik Kurniawan (PAN), serta Fadli Zon (Gerindra).

Rapat segera di ambil alih Setya Novanto (Golkar) serta Fahri Hamzah (pimpinan DPR yang datang dari F-PKS, walau tidak disadari oleh F-PKS). Tjahjo menilainya rapat tetaplah sah walau di pimpin oleh 2 orang saja.

” Malah sah, sesuai sama yang ada, ” tutupnya.

Baca Juga  Balik Tuding PDIP, PAN juga Bandel dengan Jokowi