SHARE

BANDUNG – Caretaker pelatih Persib Bandung, Herrie Setyawan merekomendasikan semuanya pihak menyikapi positif mengenai ketentuan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta PSSI yang pada akhirnya juga akan memakai tenaga wasit asing untuk Liga 1. Herrie berfikir ketentuan ini sekalipun tidak punya maksud merendahkan kwalitas wasit lokal.

Menurut pelatih yang akrab disapa Pak Jose ini, kehadiran wasit asing malah bisa jadi satu dorongan supaya wasit lokal selalu belajar tingkatkan kwalitas. ” Janganlah di ambil negatifnya. Ini cuma evaluasi. Ambillah bagian positifnya untuk perwasitan Liga 1. Bukanlah tidak yakin sama wasit lokal. Yang perlu wasit lokal ingin belajar. Ini sekalipun tidak mengecilkan wasit lokal, ” kata Herrie, di Mess Persib di Jalan Ahmad Yani, Bandung, Rabu (19/7).

Herrie mengaku masalah wasit di sepak bola Indonesia telah jadi problem classic. Banyak club sebagai korban karna kepemimpinan wasit yang dinilai sering tidak adil memimpin pertandingan.

Keinginan Herrie pada PSSI serta PT LIB agar wasit asing yang didatangkan untuk Liga 1 betul-betul wasit yang kredibel. Wasit berkwalitas kata Herrie juga akan ikut memajukan persepak bolaan tanah air. ” Semoga wasit asing yang datang qualified Betul-betul dihadirkan karna bagus. Janganlah cuma karna warna kulit, ” tutur Herrie.

PT LIB sebagai operator Liga 1, pada Selasa (18/7) menyebutkan, juga akan mulai memberikan tugas pengadil lapangan import mulai sejak minggu ke-18 Liga 1, persisnya pada 4 Agustus yang akan datang. Mereka memakai wasit asing cuma diaplikasikan pada tempat wasit tengah lapangan atau wasit paling utama. Tidak semuanya pertandingan Liga 1 juga akan di pimpin oleh wasit asing.

PT LIB juga akan menggunakan wasit import untuk 1/2 dari tujuh hingga sembilan kompetisi Liga 1 setiap minggu. PT LIB dengan PSSI juga akan mengevaluasi 32 wasit lokal yang sampai kini ditugaskan untuk Liga 1. Wasit yang miliki raport bagus tetaplah diakui bertugas di Liga 1. Untuk yang dinilai tidak bagus, juga akan ditugaskan untuk Liga 2 atau Liga 1 U-19.