SHARE

Jakarta Kecelakaan berlangsung tidak cuma saat Anda ada diluar tempat tinggal seperti di jalan raya, daerah pegunungan, atau laut, didalam tempat tinggal meskipun resiko terjadinya kecelakaan juga senantiasa ada. Katakan saja waktu Anda tengah lakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak atau bersihkan halaman.

Tidak cuma Anda, anak-anak juga mempunyai resiko yang sama. Oleh karenanya, mengerti aksi darurat apa yang perlu dikerjakan apabila berlangsung kecelakaan atau cedera waktu ada dirumah. Simak penjabaran dari Tempat tinggal. com di bawah ini.

1. Luka Bakar

Kemungkinan cedera luka bakar dapat berlangsung seperti saat Anda tengah memasak, umpamanya terserang minyak saat menggoreng atau tidak berniat memegang wajan dalam keadaan panas. Bila hal semacam ini berlangsung, hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu bersihkan kulit yang terluka dengan air hangat.

Setelah itu berikan luka dengan cream antibiotik spesial untuk luka bakar. Anda tetaplah butuh mengecek ke dokter jika luka bakar lebih dari 2 cm atau memanjang ke sekitaran sendi, kulit menghitam, atau jadi luka terbuka.

2. Jari Terserang Pisau

Apabila sewaktu memotong bahan makanan atau hal-hal lain jari Anda tergesek pisau, selekasnya ambillah handuk bersih serta angkat tangan yang terluka. Tekan luka sepanjang 5-10 menit dengan keras. Bila pendarahanan telah berhenti bersihkan luka dengan air mengalir.

Berikan salep atau cream antibiotik serta perban luka. Anda tetaplah mesti kontrol ke dokter bila pendarahan tidak berhenti, luka menganga, atau panjangnya lebih dari 1, 5 cm.

3. Kepala Terbentur

Bila kepala Anda atau anak-anak tidak berniat terbentur dinding, selekasnya kompres ruang yang terbentur dengan es. Tunggulah serta saksikan adakah reaksi seperti sakit kepala, pandangan mengabur, kehilangan memori, serta jadi peka pada sinar serta nada.

Bila ya, bermakna ada cedera serius dalam kepala. Jika ada muntah bahkan juga sangat pusing untuk jalan jarak dekat selekasnya periksakan ke dokter.

4. Mimisan

Mimisan atau keluarnya darah dari hidung umumnya dikarenakan oleh perubahan cuaca yang mencolok, pada anak-anak juga seringkali berlangsung terlebih jika mereka sangat capek bermain. Bila ini berlangsung, condongkan atau tundukkan kepala ke depan lalu pencet hidung serta tahan sepanjang 10-20 menit.

Janganlah mendongakan kepala, tempat ini malah bisa memiliki resiko mengakibatkan darah mengalir ke tenggorokan. Bila mimisan tidak berhenti sepanjang 20 menit jadi Anda mesti selekasnya kontrol ke dokter.

5. Kaki Terkilir

Terpeleset atau terjatuh didalam tempat tinggal bisa mengakibatkan pergelangan kaki terkilir. Siapkan ankle wrap (pembungkus pergelangan kaki atau lutut, bisa dibeli di apotik) dirumah. Bila cedera ini berlangsung, istirahatkan kaki karna memaksa jalan malah juga akan melukai otot kaki.

Gunakan ankle wrap sepanjang tiga hari serta sehari-hari kompres kaki memakai es batu, semasing sepanjang 20 menit dengan interval 40 menit. Apabila dalam satu minggu kondisi kaki tidak lebih baik, makin bengkak serta berwarna merah keunguan Anda butuh memeriksanya ke dokter.