SHARE

Andi Zulkarnaen Mallarangeng dengan kata lain Choel Mallarangeng dieksekusi ke Instansi Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/7/2017). Choel dipindahkan sesudah putusan hakim terhadapnya sudah berkekuatan hukum tetaplah.

” Hari sudah dikerjakan eksekusi, ” tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Jumat.

Terlebih dulu, dalam sidang putusan, Choel menyebutkan terima vonis yang ditetapkan majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta. Choel menyebutkan siap melakukan waktu hukuman 3, 5 th. penjara.

” Terima kasih pada majelis hakim yang terhormat. Saya terima putusan yang sudah diputuskan, saya ikhlas melakukan hukuman atas kekhilafan yang sudah saya kerjakan, ” tutur Choel selesai hakim membacakan amar putusan.

Terkecuali hukuman 3, 5 th. penjara, Choel juga diharuskan membayar denda Rp 250 juta subsider 3 bln. kurungan.

Menurut hakim, Choel dapat dibuktikan memperkaya sendiri serta orang yang lain dalam project pembangunan P3SON di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dalam project itu, Choel juga dapat dibuktikan merugikan keuangan negara sebesar Rp 464, 3 miliar.

Pada 2009, Choel bersama dengan Menteri Pemuda serta Berolahraga Andi Alfian Mallarangeng turut mengarahkan sistem pengadaan barang/layanan project pembangunan P3SON di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Choel dapat dibuktikan turut dan memenangi perusahaan spesifik dalam sistem lelang yang dikerjakan tanpa ada penuhi kriteria yang berlaku.

Choel serta Andi Mallarangeng dapat dibuktikan terima uang sebesar Rp 2 miliar serta 550. 000 dollar AS. Uang itu di terima lewat Choel dengan bertahap dari beberapa pihak.