SHARE

Mojokerto – Sat Lantas Polres Mojokerto mengambil keputusan sopir Isuzu Elf, Havid Kurnia (22) jadi tersangka kecelakaan di ruang parkir wisata air panas Padusan, Pacet, Mojokerto. Sang sopir dipandang lupa hingga menyebabkan kecelakaan yang menewaskan seseorang wisatawan.

” Telah kami tentukan tersangka, sesaat sopirnya saja, ” kata Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Wikha Ardilestanto waktu dihubungi, Rabu (12/7/2017).

Dalam penyidikan masalah kecelakaan ini, lanjut Wikha, alat bukti ataupun info saksi menghadap pada kelalaian sopir. Pria asal Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban itu nyatanya tidak memiliki SIM B spesial angkutan wisata.

” Dia cuma memiliki SIM A, harusnya SIM B. Jadi, dia tidak memiliki kwalifikasi untuk mengemudikan kendaraan itu, ” katanya.

Diluar itu, kata Wikha, Havid dipandang lupa karena membiarkan penumpang Elf lebih dari kemampuan. Minibus itu maksimum cuma dapat mengangkut 16 penumpang. Waktu kecelakaan berlangsung, ada 19 penumpang termasuk juga sopir di dalamnya.

” Itu kan overload, 16 penumpang saja itu untuk jalan datar, harusnya jalan sesuai sama itu (turunan curam), dia dapat mempertimbangkan, ” terangnya.

Berkaitan penyebabnya kecelakaan, hingga sekarang ini Wikha mengakui belum juga memperoleh kepastian. Untuk sesaat kecelakaan maut itu disebabkan rem blong. Hal tersebut berdasar pada info sang sopir.

” Dishub Propinsi (Jawa timur) telah lakukan kontrol kelaikan kendaraan, akhirnya belum juga keluar, ” tuturnya.

Karena tindakannya, lebih Wikha, sopir Elf dijerat dengan Pasal 310 ayat (4) UU RI No 22 th. 2009 mengenai Lantas Lintas serta Angkuta Jalan. ” Ancaman hukumannya maksimum 6 th. penjara, ” tandasnya.

Minggu (2/7) sekitaran jam 13. 00 Wib, Isuzu Elf nopol D 7098 AO yang mengangkut 18 wisatawan asal Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban terguling di turunan curam serta tikungan tajam Desa Padusan. Sebelumnya terguling, Elf pernah menabrak pengunjung wisata air panas yang tengah jalan kaki sampai tewas.

Baca Juga  Ketua DPRD Kota Mojokerto Diperiksa KPK

Minibus ini menerpa satu warung kopi serta tempat parkir sepeda motor pengunjung wisata air panas Padusan. Warung punya Sulistiani (22) itu hancur bersama dagangannya. Sesaat empat sepeda motor di ruang parkir rusak tertimpa bodi Elf. Kecelakaan ini menyebabkan sopir serta 18 penumpang Elf terluka.