SHARE

Sekitaran 50 hektar tempat gambut yang ada di lokasi Duson Ujong Beurasok, Desa Lega, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat kembali terbakar mulai sejak Rabu (20/07/17) malam. Sampai saat ini masih tetap terpantau titik api kebakaran tempat selalu meluas.

“ Kebakaran tempat yang berlangsung mulai sejak barusan malam itu sekitaran 50 hektar, lalu barusan malam saya segera ke tempat untuk lihat titik api, ” kata Zainudin, Kepala Dusun Ujong Beurasok, Desa Lega, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis (20/07/17).

Menurut Zainudin, titik api kebakaran tempat itu begitu susah untuk dikerjakan usaha pemadaman karna tempat gambut serta tidak mempunyai sumber air di sekitaran tempat. Ia cemas api selalu meluas ke tempat perkebunan sawit warga.

“Ini selalu meluas titik apinya, hingga tempat tanaman sawit warga yang ada di sekitaran tempat kebakaran itu begitu riskan terbakar, ” tuturnya.

Sesaat Danramil Johan Pahlawan, Kapten Infantri Sudarsono menyebutkan, kebakaran tempat gambut itu disangka berniat dibakar oleh pemiliknya untuk pembukaan tempat baru itu menyebar sejumlah empat titik api.

“Diduga ini berniat dibakar untuk pembukaan tempat baru, tetapi hingga saat ini belum juga kita kenali yang memiliki tempat yang terbakar itu, tengah kita data, ” tuturnya.

Untuk lakukan usaha pemadaman, kata Sudarsono, beberapa prajurit TNI dari Koramil Johan Pahlawan serta Polsek setempat dikerahkan ke tempat untuk memadamkan api. Tetapi sampai saat ini api belum juga berhasil dipadamkan.

“Kita sudah lakukan usaha pemadaman dengan alat seadanya di tempat yang dekat dengan jalan. Tetapi api susah dipadamkan karna tempat terbakar itu gambut, lalu cuaca juga mulai sejak satu bulan paling akhir ini kemarau, ” katanya.

Sudarsono mengatakan, kebakaran tempat gambut di Kabupaten Aceh Barat adalah yang ke-2 kalinya th. ini.

Terlebih dulu kebakaran juga berlangsung pada awal bln. lantas, tetapi titik api kebakaran tempat gambut yang disangka berniat dibakar untuk pembukaan tempat baru itu padam waktu diguyur hujan sepanjang tiga hari.

“Pengamanan waktu kebakaran bln. lantas api susah bisa kita padamkan terkecuali turun hujan, karna tempat tak ada sumber air serta susah dijangkau, ” katanya