SHARE

Jakarta – Lapas baru diatas tempat seluas 100 hektare selekasnya dibuat di Ciangir, Kabupaten Tangerang, Banten. Lapas ini juga akan memakai system open came serta medium security.

” Kami juga akan setujui kelak juga akan koordinasi dengan Kabupaten Tangerang buat open camp disana karna lapas disini telah over terlebih Salemba, ” kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat selesai pertemuan dengan Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum serta HAM (Ditpas Kum-HAM), Sri Puguh Budi Utami, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

Djarot serta Sri setuju membuat lapas di Ciangir karna rutan serta lapas di Jakarta, terlebih lapas Cipinang serta Salemba tak akan dapat menyimpan warga binaan. Terkecuali karna kemampuan, warga binaan juga tidak dapat produktif.

” Bila diletakkan disana dia tidak produktif serta begini tidak baik. Salemba itu telah tidak pas karna di tengahnya kota. Barusan di sampaikan juga Salemba dapat dialih-fungsi, ” katanya.

Dari 100 hektare luas tempat, gagasannya 30 hektare juga akan dialokasikan untuk membuat lapas, sedang tempat sisa seluas 70 hektare juga akan dibuat Villa Werdha, tempat pertanian, peternakan serta yang lain. ” Agar dia produktif hingga ada tempat pertanian disana hingga dia dapat produktif untuk mengerjakan tempat di situ. Bila di Salemba tidak produktif serta begini tidak baik, ” terang Djarot.

” Sekalian juga kita membuat Villa Werda kan disana tempat gede banget, 100 hektare. Kami berikan kalau tempat ini bila tidak digunakan selekasnya juga akan susut, menyusut, ” lanjutnya.

Lapas Ciangir ini diutamakan untuk warga binaan dari Lapas Salemba. Dari kemampuan 2. 000 orang, saat ini lapas Salemba diisi 5. 000 orang. Sedang Lapas Cipinang sudah menyimpan 9. 000 orang dari kemampuan 3. 000 orang.

Baca Juga  Djarot: PNS Harus Setia Pada Ideologi Pancasila

Sekarang ini pemerintah juga akan fokus di Lapas Salemba. Pembangunan lapas, ditambahkan Djarot, juga akan dikerjakan mulai th. ini. ” Selekasnya th. ini juga akan kami kerjakan, ” kata Djarot.