SHARE

Belasan tempat tinggal warga di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Wattang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terbakar Selasa sore (11/7/2017).

Cuma dalam tempo empat jam, api yang secara cepat merambat menghanguskan 11 tempat tinggal serta satu panti bimbingan.

Belum juga di ketahui tentu penyebabnya kebakaran ini. Tetapi beberapa sumber mengatakan, kebakaran ini dipicu ledakan kompor dari satu diantara tempat tinggal korban di tempat.

Info beberapa warga di tempat peristiwa mengatakan, api awalnya keluar dari tempat tinggal punya Syarifuddin. Api secara cepat membakar semua tempat tinggal sampai menyebar ke bebrapa tempat tinggal warga beda di sekelilingnya.

Tiupan angin kencang membuat kobaran api secara cepat menebar serta menghanguskan tempat tinggal warga di sekelilingnya.

Walau beberapa ribu warga pernah turun tangan memadamkan api dengan manual memakai ember, baskom atau wadah apa sajakah yang dapat menyimpan air, tetapi kobaran api telah terlanjur jadi membesar serta tidak dapat dikuasai.

Beberapa warga yang lain yang cemas pilih mengungsikan harta benda mereka ke tempat yang dipandang aman.

Salah seseorang warga yang tempat tinggalnya turut terbakar, Nasarudin mengakui kaget waktu merasakan tempat tinggalnya dalam kondisi terbakar. Nasaruddin, seperti warga yang lain yang cemas, berupaya menyingkirkan laju api, tetapi karna tiupan angin kencang, api secara cepat jadi membesar sampai tidak dapat dikuasai.

” Saya baru pulang istrirahat dari kantor Pak, mendadak ada api, ” kata Nasaruddin, pegawai Bulog Polewali Mandar ini.

Belasan mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan tidak mampu memadamkan api yang telah terlanjur jadi membesar serta membakar apa sajakah di sekelilingnya. Api baru dapat dikuasai sesudah petugas mengerahkan pertolongan mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Majene.

Tak ada korban jiwa dalam momen ini, tetapi kerugian ditaksir menjangkau miliaran rupiah.

Warga korban kebakaran termasuk juga penghuni panti bimbingan yang kehilangan rumah saat ini sangat terpaksa mengungsi sesaat ke tempat tinggal sanak keluarga serta tetangga paling dekat dari tempat.