SHARE

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin menceritakan pada Presiden Joko Widodo tentang kisah Syekh Nawawi Al Bantani jadi guru beberapa ulama besar di Indonesia. Bahkan juga, beberapa pendiri pesantren serta ormas Islam yaitu murid-muridnya.

” Jadi pemimpin-pemimpin ormas (Islam) di Indonesia, yaitu murid-murid dari Syekh Nawawi, ” kata Ma’ruf di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Jumat (21/7/2017).

Ma’ruf Amin mengatakan pendiri Nahdatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari yaitu murid dari Syekh Nawawi. Demikian pula dengan kiai Kholil Bangkalan dari Madura. Pendiri Muhammadiyah Ahmad Dahlan yaitu murid dari Syekh Saleh Darat Semarang yang murid dari Syekh Nawawi.

Ma’ruf menyebutkan Syekh Nawawi dilahirkan di kampung kecil bernama Tanara di Serang. Tetapi namanya harum di Timur Tengah serta jadikan ulama terhormat di Arab Saudi. Di Mesir Syekh Nawawi juga dimaksud sebalai ulama besar era 14 Hijriyah. Bahkan juga namanya dengan presiden Soekarno berada di kamus besar bhs Arab Al Munjid.

” Karangannya banyak, ada tafsir, fiqh, hadis serta pandangannya jadikan tesis, skripsi oleh beberapa pakar, ” ucapnya.

Untuk kembali kenang kisah Syekh Nawawi, di Tanara tiap-tiap th. dikerjakan haul. Pengerjaannya dikerjakan di pesantren An Nawawi tempat kelahirannya. Di pesantren ini juga ada perguruan pengetahuan fiqh yang jadi hanya satu di Indonesia.

Baca Juga  Presiden Jokowi akan Hadiri Tiga Acara di Yogyakarta Hari ini