SHARE
Dr Syaiful Bakhri, SH, MH
Dr Syaiful Bakhri, SH, MH

“APA yang dimaksud dengan menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum?

Dalam hukum pidana disebut “bijkomend oogmerk” atau “maksud”: a. 1. pegawai negeri, 2. penyelenggara negara.

Pengertian pegawai negeri sebagaimana dimaksud adalah, 1.pegawai negeri sebagaimana dimaksud dalam Undang undang tentang kepegawaian, 2. pegawai negeri sebagaimana dimaksud dalam Kitab Undang undang Hukum Pidana, 3. orang yang menerima gaji atau upah dari keuangan negara dan daerah, 4. orang yang menerima gaji atau upah dari suatu korporasi yang menerima bantuan dari keuangan negara atau daerah, 5. orang yang menerima gaji atau upah dari korporasi lain yang mempergunakan modal atau fasilitas dari negara atau masyarakat.

Upaya mengunrtungkan diri sendiri telah tercapai pada waktu pelaku tindak pidana selesai melakukan tindak pidana.

Penuntut umum harus mencantumkan unsur ini dalam surat dakwaan dan membuktikan di pemeriksaan sidang pengadilan jika ingin terdakwa menyatakan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf (e).

Pengertian “menyalahgunakan kekuasaan” adalah menggunakan kekuasaan untuk tujuan lain dari maksud diberikannya kekuasaan tersebut.

Pengertian “memaksa seseorang” dalam Pasal 12 huruf (e) adalah suatu perbuataan yang sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa takut pada orang lain.

Rasa takut tersebut, baik karena adanya tekanan fisik, misalnhya akan dipukul atau ditendang maupun adanya tekanan psikis, misalnya akan dihentikan truknya atau dibocorkan rahasianya.

Bebarapa contoh kekhawatiran dari rahasia yang akan dibocorkan tersebut, karena memberikan sesuatu, membayar, menerima pembayaran dengan potongan, mengerjakan sesuatu bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara yang bersangkutan.@@@