SHARE

Wakil Gubernur dipilih DKI Jakarta Sandiaga Uno tidak berkomentar banyak saat disuruh responnya tentang pernyataan Menteri Koordinator Bagian Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan masalah project reklamasi.

” Kelak Oktober saja deh, ” kata Sandi singkat waktu di tanya Kompas. com di Wihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Rabu (12/7/2017) siang.

Luhut terlebih dulu menyatakan kalau Anies Baswedan serta Sandi mesti meneruskan reklamasi. Sebab, menurutnya, telah ada kajian yang mereferensikan supaya project itu tetaplah jalan. Tetapi, Luhut tidak merinci kajian yang dimaksudnya itu.

Terlebih dulu, baik Sandi ataupun Anies menyebutkan kalau mereka berdasar teguh pada sikap awal mereka, yakni menampik reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

Bahkan juga, sekian hari lantas Sandi mengemukakan, pihaknya selekasnya mengaudit hasil kajian Amdal pulau-pulau reklamasi yang telah terlanjur dibuat.

Audit juga akan dikerjakan sesegera mungkin saja sesudah dia serta Anies dilantik jadi Gubernur serta Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan keduanya dijadwalkan pada bln. Oktober 2017 yang akan datang.

Disamping itu, menurut Luhut, project reklamasi mesti tetaplah jalan siapa juga pemimpin daerahnya.

Reklamasi juga telah diawali pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, dilanjutkan kembali pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta saat ini oleh Presiden Joko Widodo.

” Tidak ada masalah, ingin siapa juga pemerintahnya, mesti menghormati kajian yang di keluarkan oleh institusi yang kredibel. Tidak dapat kita seleramu karna kamu jadi petinggi baru, segera ingin gonta-ganti semuanya, tidak bisa, ” tutur Luhut di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (11/7/2017).