SHARE

BIAK — Manajemen maskapai penerbangan Nam Air tengah membidik rute Biak-Manowkari-Sorong untuk menjawab keperluan penumpang di lokasi paling Timur Indonesia itu. General Manager PT Angkasa Pura 1 (AP) Bandara Frans Kaisiepo Biak, Minggus ET Gadeguai di Biak, Sabtu (22/7) mengaku penawaran service rute baru Biak-Manokwari telah diteruskan ke manajemen Nam Air agar bisa direaliasikan dalam rencana menjawab pemintaan warga Papua.

” Rute Biak-Manowkari sempat dilayani pesawat Merpati, ya mulai sejak perusahaan berkaitan berhenti beroperasi jadi rute itu tidak terlayani sekali lagi sampai sekarang ini, ” tuturnya.

Ia mengaku, Angkasa Pura 1 Bandara Frans Kaisiepo Biak juga akan sediakan slot penerbangan untuk pembukaan rute Biak-Manokwari. Minggus mengatakan bila warga Biak atau Serui yang juga akan pergi dengan pesawat udara ke Manokwari atau Sorong, Papua Barat mesti transit lewat Bandara Sentani Jayapura hingga membutuhkan saat lama untuk hingga ke tempat maksud.

Demikian halnya demikian sebaliknya warga Manokwari serta Sorong, Propinsi Papua Barat bila juga akan pergi menuju Biak, kata Minggus, jadi mesti transit ke Jayapura. ” Ya kesempatan rute baru Biak-Manokwari masih tetap terbuka untuk dilayani, kami telah tawarkan Nam Air untuk memakai kesempatan pasar angkutan udara dari Bandara Biak, ” tuturnya.

Sebelumya, Direktur Komersial Sriwijaya Group (induk Nam Air) Toto Nurcahyo mengaku, manajemen Nam Air jadi anak perusahaan Sriwijaya Aiar juga akan lakukan survey untuk pembukaan rute Biak-Manokwari-Sorong. ” Kami begitu ketertarikan terima tawaran pembukaan rute baru Biak-Manokwari-Sorong, ya ini jadi pasar baru untuk service penerbangan Nam Air iika bisa direalisasikan secepat-cepatnya, ” kata Toto.

Penerbangan di Bandara Frans Kaiseipo Biak dilayani Garuda Indonesia serta Sriwijaya Air untuk rute Biak-Jayapura. Dan Nam Air serta Garuda untuk rute Biak-Nabire dan Trigana Air untuk rute Biak-Serui.