SHARE

TERNATE — Seseorang nelayan di Galela, Halmhaera Utara, Maluku Utara, menangkap seekor ikan memiliki ukuran raksasa yang di kenal di daerah itu dengan nama goropa atau kerapu bebek. ” Ikan memiliki ukuran monster dengan berat menjangkau 103 kg itu bila di jual harga nya dapat Rp 2 juta rupiah, ” kata Kepala Penerangan Korem 152/Babullah Lettu Inf Heru Darujito di Ternate, Sabtu (22/7).

Ia menyebutkan, tertangkapnya ikan memiliki ukuran raksasa itu memberi warna kunjungan kerja Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo ke Halmahera Utara dalam rencana mengecak kesiagaan Satgas Pamrahwan yang diletakkan disana.

Dalam acara tatap muka dengan orang-orang Desa Toweka, Galela, Pangdam Doni mengakui mengagumi akan hasil tangkapan itu, terlebih orang-orang menyebutkan tangkapan ikan monster itu hal yang umum serta mereka seringkali menangkap yang ukurannya semakin besar.

Pangdam mengharapkan lokasi Halut yang menaruh berjuta kekayaan sumber daya alam baik di daratan ataupun di laut seperti kelapa/kopra, kenari, ataupun hasil perikanan yang begitu mengagumkan seperti ikan memiliki ukuran raksasa (giant fish) yang dapat jadi komoditas export.

Dalam peluang itu, Pangdam juga memberi penekanan pada prajurit yang bertugas di Halut supaya lebih kreatif serta inovatif dalam menolong orang-orang setempat tingkatkan skala perekonomiannya, seperti mendorong product favorit lokal dan senantiasa mencari rujukan tehnologi terapan hingga hasil yang didapat bisa berguna maksimum.

” Dalam Amanah 8 Harus, tiap-tiap prajurit TNI mesti lakukan beragam usaha untuk menangani kesusahan rakyat di sekelilingnya. Karenanya kami selalu berinovasi serta berkreasi dengan lakukan beragam usaha yang bisa memberi faedah positif untuk orang-orang, ” kata dia.

Dalam kunjungan kerja di Halut untuk meninjau aktivitas Operasi Teritorial di daerah itu, Pangdam Doni didampingi Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Sachono, Asintel Kolonel Inf R Suranto, Aster Kolonel Inf Ali Aminudin, Asisten 1 Pemda Halut Subakri Salim, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin BS, Wakapolres Halut Kompol Ibnu Hajar, bersama beberapa petinggi Kodim 1508/Tobelo.